Apa itu Pig Butchering Crypto Scam? Simak Panduan Lengkapnya!

author:

Apa itu Pig Butchering Crypto Scam? Simak Panduan Lengkapnya!

Pernahkah kamu mendengar tentang ‘Pig Butchering’ dalam konteks cryptocurrency? Ini bukan terkait dengan pertanian atau masakan, tetapi sebuah modus penipuan yang sedang naik daun dan berpotensi merugikan keuangan kamu.

Ayo kita pelajari lebih dalam tentang apa itu Pig Butchering Crypto Scam, bagaimana modus ini beroperasi, dan yang paling penting, bagaimana cara menghindarinya.

Apa itu Pig Butchering Crypto Scam?

Pig Butchering Crypto Scam adalah sebuah strategi penipuan yang mengkombinasikan romansa yang dibuat-buat dengan investasi cryptocurrency untuk mengecoh korban. Para pelaku menanamkan kepercayaan pada korban sebelum ‘menyembelih’ mereka dengan cara menguras aset mereka.

Baca juga: Apa Itu IOU? Simak Rahasia di Balik Token IOU dalam Dunia Crypto!

Istilah ini berasal dari ungkapan Mandarin “Shāz Hū Pán,” yang artinya menyembelih babi, yang menggambarkan bagaimana korban ‘dibesarkan’ sebelum dijarah.

Contoh dari Pig Butchering Crypto Scam mungkin dimulai dari pesan yang tampaknya tidak mencurigakan dari seseorang yang mengklaim mendapatkan nomor korban dari seorang teman atau bahkan menyamar sebagai kenalan lama.

Dengan memanfaatkan daya pikat romantis atau pertemanan, pelaku membangun hubungan dan secara bertahap memperkenalkan konsep investasi cryptocurrency yang dijanjikan akan memberikan keuntungan besar.

Bagaimana Pig Butchering Crypto Scam Beroperasi?

Penipuan ini umumnya berlangsung dalam beberapa tahapan. Awalnya, pelaku akan menghubungi korban melalui platform media sosial atau aplikasi perjodohan.

Setelah menjalin hubungan, mereka akan mengajak korban untuk berinvestasi di platform perdagangan palsu yang mereka kelola. Korban akan melihat ‘keuntungan’ dari investasi mereka dan didorong untuk berinvestasi lebih banyak.

Namun, saat korban ingin mencairkan dana, mereka akan menemukan bahwa hal itu tidak mungkin dan pada akhirnya menyadari bahwa mereka telah tertipu.

Faktor yang Membuat Pig Butchering Crypto Scam Efektif

pm singapura deepfake crypto
Bitcoin.com News
  • Manipulasi Emosional: Pelaku memanfaatkan keinginan korban untuk mendapatkan keuntungan finansial dan membangun hubungan pribadi untuk memanipulasi mereka.
  • Platform Perdagangan Palsu: Pelaku menggunakan situs web atau aplikasi yang tampak profesional untuk meyakinkan korban bahwa investasi mereka aman dan menguntungkan.
  • Keserakahan dan FOMO: Korban sering kali tergoda oleh janji keuntungan yang cepat dan besar, yang membuat mereka mengabaikan tanda-tanda peringatan.

Baca juga: Ledger XRP Digerogoti Serangan DDoS, Apa Dampaknya Bagi Dunia Crypto?

Kelebihan dan Kekurangan Pig Butchering Crypto Scam

  • Kelebihan bagi Pelaku: Modus ini sangat menguntungkan bagi pelaku karena mereka dapat memperoleh jumlah uang yang besar dalam waktu singkat.
  • Kekurangan bagi Korban: Korban dapat kehilangan seluruh investasi mereka dan mengalami kerugian finansial serta emosional yang serius.
  • Kelebihan bagi Penegak Hukum: Meningkatnya kesadaran tentang penipuan ini membantu penegak hukum dalam mengidentifikasi dan mengejar pelaku.
  • Kekurangan bagi Sistem Keuangan: Penipuan ini merusak kepercayaan terhadap sistem keuangan dan cryptocurrency, yang dapat berdampak negatif pada penerimaan teknologi ini.

Perbandingan Pig Butchering Crypto Scam dengan Penipuan Investasi Lainnya

AspekPig Butchering Crypto ScamPenipuan Investasi Tradisional
Metode PenipuanMemanfaatkan romansa dan platform perdagangan palsuSkema Ponzi, penipuan saham, dan lain-lain
Target KorbanIndividu di platform media sosial dan aplikasi perjodohanInvestor yang mencari kesempatan investasi
Kecepatan KerugianKerugian dapat terjadi dalam hitungan bulanKerugian dapat terjadi sepanjang beberapa tahun

Secara keseluruhan, Pig Butchering Crypto Scam merupakan ancaman serius dalam dunia investasi digital saat ini. Dengan memahami mekanismenya, kamu dapat lebih waspada dan melindungi diri dari penipuan yang merugikan ini.

Pastikan untuk selalu melakukan riset sebelum berinvestasi, jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal, dan berhati-hatilah terhadap janji keuntungan yang tampaknya terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Dengan pengetahuan yang tepat, kamu dapat mengambil langkah yang benar untuk melindungi keuangan kamu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: