Perusahaan Ritel Terbesar di Afrika Terima Bitcoin di 1.628 Tokonya!

Perusahaan Ritel Terbesar di Afrika Terima Bitcoin di 1.628 Tokonya!

Dilansir dari Cointelegraph, perusahaan ritel bahan makanan terbesar di Afrika Selatan, Pick n Pay, kini menerima Bitcoin (BTC) di seluruh 1.628 tokonya setelah melakukan uji coba selama 3 bulan di 39 lokasi berbeda.

Sebagai bagian dari peluncurannya secara nasional, pelanggan toko akan dapat membayar barang menggunakan cryptocurrency melalui aplikasi smartphone atau dengan memindai kode QR dan menerima nilai tukar ‘rand’ Afrika Selatan pada saat pembayaran. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Mekanisme Pembayaran BTC di Pick and Pay?

Mekanisme Pembayaran BTC di Pick and Pay
Sumber: Akun Twitter CryptoQR

Dikutip dari Cointelegraph, untuk membayar dengan BTC, para pelanggan memerlukan Bitcoin Lightning Wallet dan aplikasi pemindai CryptoQR dari CryptoConvert, yang terhubung ke Bitcoin Lightning Wallet. Proses pembayaran mengharuskan pengguna untuk memindai kode QR barang melalui aplikasi CryptoQR dan kemudian melanjutkan ke Lightning Wallet untuk mengonfirmasi harga dan menyelesaikan transaksi.

Baca Juga: Susul Negara Lainnya, Brasil Telah Sahkan RUU Crypto Sebagai Metode Pembayaran!

Pick and Pay Melakukan Uji Coba Pembayaran Menggunakan BTC Sejak Tahun 2017

Menariknya, ada salah satu user Twitter yang membagikan pengalamannya menggunakan Bitcoin untuk membayar belanjaan mereka di Toko Pick and Pay. User Twitter yang bernama @DrLuke_B, mengunggah videonya berbelanja di Pick and Pay dan membayar menggunakan Bitcoin.

Afrika Terima Bitcoin Uji Coba Sejak 2017
Sumber: Akun Twitter @DrLuke_B

Dilansir dari Cointelegraph, langkah ini diambil setelah regulator keuangan negara tersebut, Otoritas Perilaku Sektor Keuangan (FSCA), mengubah undang-undang penasihat keuangan pada bulan Oktober untuk mengklasifikasikan aset crypto sebagai produk keuangan.

Hal tersebut adalah pertama kalinya cryptocurrency diatur di Afrika Selatan, dan ini memungkinkan penyedia layanan keuangan menawarkan aset crypto baik di Afrika Selatan maupun di seluruh dunia.

Pasalnya, perusahaan ritel ini telah melakukan percobaan pertama dengan cryptocurrency pada tahun 2017, ketika perusahaan mulai menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran di Cape Town, namun biaya transaksi dan waktu tunggu menghambat prosesnya.

Selama program percontohan, Pick n Pay berkolaborasi dengan Electrum dan CryptoConvert untuk memungkinkan pelanggan membayar melalui Bitcoin Lightning Network, layer-2 yang ditambahkan ke blockchain Bitcoin yang memungkinkan transaksi di luar jaringan.

Referensi: