Peringatan! Gelombang Penipuan Phishing Menghantui Pengguna Binance di Hong Kong

Peringatan! Gelombang Penipuan Phishing Menghantui Pengguna Binance di Hong Kong

Dalam dunia yang semakin digital, penipuan online menjadi ancaman yang semakin nyata. Pengguna Binance di Hong Kong baru-baru ini menjadi korban penipuan phishing yang merugikan hingga $446K.

Sementara itu, kesalahan teknis juga menghantui dunia digital, seperti yang ditunjukkan oleh kode error 523 yang berarti server web asal tidak dapat dijangkau.

Gelombang Penipuan Phishing di Hong Kong

Menurut polisi Hong Kong, pelanggan Binance menerima pesan teks untuk memverifikasi akun mereka sebelum batas waktu dengan link phishing di dalamnya.

Baca Juga: Hong Kong Bentuk Satuan Tugas Khusus Web3, Bakal Dominasi Era Digital?

Ketika korban mengklik link phishing dan memasukkan kredensial untuk ‘memverifikasi’ akun mereka, penipu mendapatkan akses penuh ke akun Binance mereka dan menguras dana. Modus operandi ini mencerminkan penipuan phishing yang khas.

Industri Crypto yang Bergejolak di Hong Kong

skandal jpex guncang hong kong
Sumber: CoinMarketCap

Industri crypto di Hong Kong sudah dalam keadaan kacau setelah penawaran palsu oleh JPEX muncul. Kerugian dari bursa tersebut membengkak menjadi perkiraan $180 juta ketika polisi setempat menerima pengaduan dari lebih dari 2.300 korban bursa.

Skandal JPEX mengakibatkan beberapa penangkapan di Hong Kong dan memaksa otoritas untuk meningkatkan tindakan mereka terhadap penawaran crypto ilegal.

Regulasi dan Lisensi Crypto di Hong Kong

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong sudah mewajibkan lisensi untuk semua bursa crypto yang beroperasi dalam yurisdiksinya.

Kerangka regulasi crypto ini mulai berlaku sejak awal tahun ini, tetapi hingga saat ini, hanya dua bursa, HashKey dan OSL, yang telah menerima lisensi. Beberapa bursa Hong Kong crypto juga mengajukan lisensi.

Paragraf Penutup

Dalam dunia digital yang semakin kompleks, penting bagi kamu untuk selalu waspada terhadap potensi penipuan dan kesalahan teknis. Selalu periksa dan verifikasi informasi sebelum mengambil tindakan apa pun untuk melindungi diri dan aset digital kamu.

Baca Juga: Kepala Keuangan Hong Kong: “Sekarang Waktu yang Tepat untuk Investasi Web3”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi