Apakah Bitcoin Halving dan ETF Akan Mengguncang Pasar? Ini Kata Peter Brandt!

Apakah Bitcoin Halving dan ETF Akan Mengguncang Pasar? Ini Kata Peter Brandt!

Dalam dunia crypto, dua peristiwa besar yang dinanti-nantikan oleh para investor adalah Bitcoin halving dan peluncuran ETF Bitcoin. Namun, Peter Brandt, seorang trader terkemuka, memberikan pandangan yang bertentangan dengan ekspektasi pasar.

Ia menganggap kedua peristiwa tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap harga Bitcoin. Pendapat ini menantang opini umum yang mengharapkan perubahan harga yang besar sebagai akibat dari kedua peristiwa tersebut.

Bitcoin Halving: Hanya Mitos?

Bitcoin halving adalah proses pemotongan hadiah bagi para penambang Bitcoin yang terjadi setiap empat tahun sekali. Halving berikutnya dijadwalkan terjadi pada tahun 2024. Banyak yang percaya bahwa halving akan mempengaruhi harga Bitcoin karena penurunan pasokan baru.

Namun, Peter Brandt berpendapat bahwa pasar telah memperhitungkan dampak halving jauh sebelum peristiwa itu terjadi. Menurutnya, perubahan harga yang terjadi setelah halving sebelumnya tidak selalu menunjukkan pola yang konsisten. Brandt menekankan bahwa pasar cenderung mengantisipasi peristiwa yang akan datang dan menyesuaikan harga lebih awal.

Baca Juga: Inovasi Finansial: BlackRock dan Nasdaq Membawa ETF Bitcoin Spot ke Meja SEC!

Ia berargumen bahwa efek dari halving mungkin sudah tercermin dalam harga saat ini. Brandt juga menunjukkan bahwa tidak semua halving sebelumnya menghasilkan lonjakan harga yang signifikan. Oleh karena itu, ia memperingatkan para investor untuk tidak terlalu mengandalkan halving sebagai pemicu kenaikan harga Bitcoin.

ETF Bitcoin: Harapan Kosong?

etf bitcoin first trust

ETF Bitcoin, terutama yang berbasis spot, dianggap sebagai katalis yang akan membawa arus investasi institusional ke dalam Bitcoin. Namun, Brandt berpendapat bahwa peluncuran ETF Bitcoin juga akan menjadi non-event.

Ia percaya bahwa faktor-faktor lain, seperti posisi dominan Bitcoin di pasar crypto, lebih penting daripada peluncuran produk keuangan baru. Brandt juga menambahkan bahwa korelasi Bitcoin dengan pasar lain tidak seharusnya menjadi faktor utama dalam menentukan harganya.

Ia menyarankan para investor crypto untuk fokus pada faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi Bitcoin daripada terjebak dalam hype seputar produk keuangan yang baru. Pendapatnya ini menantang banyak analis pasar yang melihat ETF sebagai langkah besar untuk adopsi Bitcoin oleh investor tradisional.

Paragraf Penutup

Meskipun banyak yang menantikan Bitcoin halving dan peluncuran ETF Bitcoin sebagai peristiwa yang akan mengubah pasar, Peter Brandt mengajak kita untuk melihat lebih jauh. Ia mengingatkan bahwa pasar sering kali telah memperhitungkan peristiwa-peristiwa besar sebelum mereka benar-benar terjadi.

Dengan demikian, mungkin kita perlu mempertimbangkan kembali ekspektasi kita terhadap dampak kedua peristiwa ini terhadap harga Bitcoin di masa depan.

Baca Juga: Bitcoin Mencatat Sejarah: Tren Bullish dan Blockchain Melebihi Setengah Terabyte!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi