Bank di China Bakal Jalin Kemitraan dengan Perusahaan Crypto Hong Kong, Proyek Baru?

Bank di China Bakal Jalin Kemitraan dengan Perusahaan Crypto Hong Kong, Proyek Baru?

Dilansir dari Cointelegraph, dorongan Hong Kong untuk menjadi pusat crypto atau crypto hub telah membuka peluang tidak hanya bagi perusahaan crypto tetapi juga banyak bank yang berafiliasi dengan pemerintah di China.

Bank-bank China telah menunjukkan minat untuk membangun kemitraan dan menerima perusahaan crypto yang teregulasi di Hong Kong, meskipun ada larangan bank terhadap aktivitas terkait crypto di China. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bank di China Berminat untuk Bangun Kemitraan dengan Perusahaan Crypto Hong Kong

crypto hong kong
Sumber: KITCO

Pemerintah China memiliki bank besar bernama Bank of Communications, yang memiliki cabang di Hong Kong. Cabang ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan di kota tersebut yang berurusan dengan cryptocurrency.

Menurut The Wall Street Journal, bank ini sedang dalam pembicaraan untuk membuka rekening bank untuk perusahaan-perusahaan yang teregulasi.

Selain Bank of Communications, ZA Bank, bank virtual terbesar di Hong Kong yang dikendalikan oleh perusahaan asuransi internet China, ZhongAn Online P&C Insurance juga akan bertindak sebagai settlement bank untuk perusahaan-perusahaan crypto.

Kedua bank ini akan bersama-sama memfasilitasi penyetoran dan penarikan mata uang fiat.

Selain menyediakan layanan rekening bank untuk bisnis cryptocurrency, bank-bank ini akan berfungsi sebagai settlement bank untuk memungkinkan setoran token di exchange resmi untuk ditarik dalam Dolar Hong Kong, Yuan China, dan Dolar AS.

Baca Juga: Di Tengah Penolakan, TikTok China “Douyin” Tambahkan Fitur Harga Bitcoin

Hampir 80 Perusahaan Crypto Menunjukkan Minat untuk Mengembangkan Bisnis di Hong Kong

perusahaan crypto di hong kong
Sumber: Business News

Pada awal tahun 2023, sekretaris keuangan Hong Kong, Paul Chan, mengklarifikasi bahwa kota ini mendorong untuk berkolaborasi dengan lebih banyak perusahaan crypto pada tahun 2023.

Sebagai hasil dari pendekatan crypto progresif pemerintah, hampir 80 perusahaan cryptocurrency telah menunjukkan minat untuk membuka atau mengembangkan bisnis mereka di kota tersebut.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, selain menerima perusahaan crypto dan membuka rekening bank untuk perusahaan yang teregulasi, CPIC Investment Management yang didukung pemerintah China meluncurkan dua dana crypto.

CPIC adalah perusahaan asuransi terbesar kedua di China, dan dana crypto yang baru diluncurkannya difokuskan pada investor institusional.

Meningkatnya minat China terhadap crypto melalui Hong Kong telah mengejutkan banyak pihak dalam ekosistem crypto, karena negara ini telah melakukan beberapa tindakan keras terhadap aktivitas terkait crypto di China.

Baru-baru ini muncul berita bahwa China berniat meningkatkan standar blockchain nasional pada tahun 2025. Baca berita lengkapnya di China Berniat Tingkatkan Standar Blockchain Nasional di Tahun 2025.

Referensi: