Perusahaan Crypto Estonia Terlibat Skandal? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Perusahaan Crypto Estonia Terlibat Skandal? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Dalam dunia yang semakin digital, penipuan dan kejahatan finansial semakin merajalela. Salah satu kasus terbaru dan paling mencengangkan adalah keterlibatan perusahaan crypto Estonia dalam penipuan skala besar dan membantu Rusia menghindari sanksi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penemuan Menyita Perhatian

crypto exchange
sumber: Bitcoin News

Estonia, sebagai salah satu penerima awal lisensi crypto di Uni Eropa, ternyata tidak terhindar dari penipuan dan skandal crypto skala besar. Sebuah laporan investigasi dari jurnalis internasional mengungkapkan bahwa hampir 300 perusahaan crypto yang terdaftar di Estonia terlibat dalam “puluhan kejahatan”

Para penjahat crypto internasional telah mencuci uang atau menipu korban lebih dari €1 miliar (1,05 miliar). Dalam lima tahun terakhir, Estonia telah melihat arus masuk bisnis crypto dalam jumlah besar.

Menurut laporan investigasi yang dipublikasikan di portal jurnalisme independen VSquare, 55% dari semua penyedia layanan crypto di dunia terdaftar di Estonia pada pertengahan 2021. Namun, pengetatan regulasi terbaru di Estonia telah mencabut lisensi banyak perusahaan yang tidak patuh.

Baca Juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Hubungan Rusia yang Mencurigakan

estonia dan rusia
Sumber: Euronews

Perusahaan crypto Estonia yang terlibat dalam penipuan ini ternyata memiliki hubungan dengan beberapa kelompok militer paling terkenal di Rusia. Misalnya, pasar gelap Rusia yang kini sudah tidak beroperasi, Hydra, menerima sekitar 2.505 Bitcoin yang berasal dari bursa Garantex di Estonia antara April 2021 dan April 2022.

Garantex juga memiliki hubungan dengan sejumlah dompet yang bertransaksi dengan Lazarus Group, sebuah kelompok kriminal cyber Korea Utara, dan dengan Ivan Vasilyevich Vakhromeyev, seorang penjahat cyber yang dicari yang terhubung dengan Conti, sebuah kelompok penjahat cyber dengan hubungan intelijen Rusia.

Skandal ini menunjukkan betapa pentingnya regulasi yang ketat dan pengawasan yang cermat terhadap industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: