Persaingan Memanas, Perusahaan-perusahaan Crypto Mulai Berebut Lisensi di Hong Kong

author:

Persaingan Memanas, Perusahaan-perusahaan Crypto Mulai Berebut Lisensi di Hong Kong

Menjelang pembukaan pasar ritel crypto di Hong Kong pada 1 Juni 2023, banyak perusahaan crypto berlomba-lomba untuk mendapatkan lisensi crypto dari otoritas regulasi kota tersebut.

Dengan minat yang tumbuh pada aset digital dan permintaan yang meningkat dari investor ritel, perusahaan-perusahaan ini melihat Hong Kong sebagai peluang signifikan untuk ekspansi.

Perusahaan Crypto Bersiap untuk Memasuki Pasar Hong Kong

Bbeberapa waktu lalu, pemerintah Hong Kong mengumumkan rencana mereka untuk memungkinkan bursa aset digital berlisensi menawarkan layanan perdagangan kepada investor ritel.

Langkah ini menandai perubahan signifikan dalam pendekatan kota terhadap crypto, yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh investor profesional. Pembukaan ritel ini diharapkan dapat menarik berbagai investor individu yang ingin berpartisipasi dalam pasar crypto yang berkembang.

Pada 29 Mei 2023, CoinEx, bursa crypto berbasis di Hong Kong, mengumumkan rencana mereka untuk memasuki pasar dengan meluncurkan platform lokal yang disebut BitHK. CoinEx berniat untuk mengajukan aplikasi untuk lisensi Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) ke regulator sekuritas pada 1 Juni 2023.

Baca juga: Setelah Insiden FTX, Temasek Singapura Buat Strategi Baru untuk Investasi Crypto!

Institusi Keuangan Menunjukkan Minat pada Lisensi VASP di Hong Kong

Dalam minggu sebelumnya, Gate.io dan BitMEX membuat pengumuman mengenai aplikasi lisensi mereka dan peluncuran layanan perdagangan crypto khusus di Hong Kong. Perusahaan lain, termasuk OKX, ZA Bank (bank digital terbesar di Hong Kong), dan anak perusahaan dari konglomerat milik negara China, Greenland Holdings, juga telah menyatakan niat mereka untuk mendapatkan lisensi VASP.

Pada 23 Mei 2023, Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) mengungkapkan bahwa VASP berlisensi akan diizinkan untuk melayani investor ritel mulai 1 Juni. SFC telah mengundang pihak yang berminat dan bersedia mematuhi pedoman mereka tentang penyimpanan aset yang aman, standar keamanan, segregasi aset, dan persyaratan lainnya untuk mengajukan lisensi.

Grup Industri Baru Bergabung dalam Inisiatif

perusahaan crypto mengejar lisesi hong kong
Asia Blockchain Review

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pada 29 Mei 2023, dua kelompok industri crypto baru, yaitu Asosiasi Aset Virtual Berlisensi Hong Kong (HKLVAA) dan Web3 Harbour, mengumumkan pembentukan mereka.

Kelompok-kelompok ini akan melayani aspek-aspek berbeda dari industri. HKLVAA nantinya akan berfokus pada melayani perusahaan dengan lisensi VASP dan mereka yang mencari lisensi di Hong Kong, sedangkan Web3 Harbour didedikasikan untuk mendukung inisiatif pengembangan Web3 lokal.

Seiring mendekatnya jadwal pembukaan pasar ritel crypto di Hong Kong pada 1 Juni 2023, perusahaan crypto berlomba-lomba untuk mendapatkan lisensi crypto dari Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC).

Bursa yang sudah mapan seperti Binance dan Coinbase, bersama dengan perusahaan berbasis di Hong Kong, bersaing untuk memanfaatkan potensi pasar ritel. Dengan peluncuran platform lokal dan mendapatkan lisensi VASP, perusahaan crypto ini berposisi untuk melayani langsung pedagang ritel Hong Kong.

Baca juga: Berambisi! Solana (SOL) Siap Tumbuh 100 Kali Lipat Melalui Kemitraan Strategis Ini

Langkah ini tidak hanya memungkinkan mereka untuk memperluas basis pelanggan mereka, tetapi juga memberikan peluang untuk menawarkan berbagai layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pasar lokal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: