Perubahan Drastis di Pasar Crypto Q4 2023, Ini Laporan Detailnya!

Perubahan Drastis di Pasar Crypto Q4 2023, Ini Laporan Detailnya!

Mengakhiri tahun 2023, pasar crypto menunjukkan dinamika yang mengejutkan dengan pergeseran signifikan di antara 30 crypto teratas. Laporan terbaru dari CoinGecko mengungkapkan bahwa meskipun terjadi penurunan volume perdagangan secara keseluruhan, beberapa mata uang digital mengalami lonjakan nilai yang luar biasa. Artikel ini akan membahas perubahan-perubahan penting yang terjadi di pasar crypto selama kuartal keempat tahun 2023!

Penurunan Volume Perdagangan

penurunan volume perdagangan
Crypto Spot Market Overview. Source: CoinGecko

Volume perdagangan crypto secara umum mengalami penurunan yang cukup signifikan di tahun 2023. Berdasarkan laporan CoinGecko, total volume perdagangan tahun ini hanya mencapai sekitar 70% dari total volume tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, aktivitas transaksional di kuartal terakhir tetap tinggi dibandingkan dengan kuartal-kuartal sebelumnya. Kuartal keempat tahun 2023 mencatatkan beberapa perubahan posisi yang menarik di antara 30 crypto teratas.

Empat mata uang digital, yaitu Hedera (HBAR), Binance USD (BUSD), Monero (XMR), dan True USD (TUSD), terdepak dari daftar 30 besar berdasarkan kapitalisasi pasar. Perubahan ini menandakan betapa dinamisnya pasar crypto dan betapa cepatnya perubahan nilai dapat terjadi.

Baca Juga: Top 5 Token Internet of Things (IoT) di 2024

Lonjakan Pasar dan Optimisme ETF

Optimisme terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat telah mendorong sentimen pasar yang bullish. Hal ini berkontribusi pada kenaikan kapitalisasi pasar crypto secara total dari $1,1 triliun menjadi $1,6 triliun, atau naik sebesar 55%.

Bitcoin sendiri melihat kenaikan harga yang signifikan, dari $27.000 menjadi $42.000 selama periode ini. Sepanjang tahun 2023, industri crypto mengalami pertumbuhan yang substansial dengan lebih dari dua kali lipat kapitalisasi pasar totalnya.

Dari awal tahun dengan $832 miliar, pasar crypto berkembang menjadi $1,72 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh kebangkitan Bitcoin yang mengalami peningkatan hingga 2,6 kali lipat, menandai tahun yang kuat bagi pemulihan industri crypto setelah stagnasi di tahun 2022.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin dan Ethereum: Akan Ada Lonjakan?

Highlight Laporan Industri Crypto 2023

Laporan industri crypto tahunan dari CoinGecko menyoroti beberapa poin penting. Kapitalisasi pasar crypto secara keseluruhan meningkat sebesar 108,1% di tahun 2023, dari $829 miliar menjadi $1,72 triliun.

Bitcoin tumbuh sebesar 155,2%, dengan kepercayaan yang meningkat terhadap persetujuan ETF. Ethereum juga mengalami kenaikan sebesar 90,5% di tahun 2023, meskipun pertumbuhannya tidak sepesat Bitcoin.

Sementara itu, Solana mencatatkan kenaikan yang sangat tinggi, yaitu 917,3%, dengan kembali munculnya narasi bullish. Volume perdagangan NFT tercatat sebesar $11,8 miliar di tahun 2023, yang merupakan 44% dari total tahun 2022. Volume perdagangan crypto di kuartal keempat tahun 2023 mencapai $10,3 triliun, naik sebesar 53,1%.

Kesimpulan

Kesimpulannya, tahun 2023 menjadi tahun yang penuh gejolak namun menguntungkan bagi pasar crypto. Dengan perubahan yang terjadi di antara mata uang digital teratas dan pertumbuhan yang signifikan dalam kapitalisasi pasar, industri ini menunjukkan ketahanan dan potensi pertumbuhan yang besar. Para investor dan pengamat pasar tentunya akan terus memperhatikan perkembangan selanjutnya dengan penuh antusiasme.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi