Pemerintah Brasil Siap Ubah Aturan Pajak Crypto dan Perdagangan Harian

Pemerintah Brasil Siap Ubah Aturan Pajak Crypto dan Perdagangan Harian

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Brasil berencana mengirimkan rancangan undang-undang (RUU) ke Kongres untuk mengubah aturan perpajakan atas investasi keuangan, termasuk menurunkan beban pajak bagi pedagang harian dan menetapkan pungutan atas keuntungan mata uang crypto.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mereformasi pajak penghasilan yang dimulai tahun lalu dengan persetujuan aturan baru tentang dana tertutup dan lepas pantai. RUU yang lebih luas yang mengubah aturan pajak penghasilan bagi individu dan perusahaan diharapkan akan diajukan kemudian ke Kongres.

RUU Pajak Aset Crypto

Salah satu tujuan dari RUU yang disusun oleh Kementerian Keuangan ini adalah untuk menetapkan definisi yang jelas tentang perpajakan aset virtual. Idenya adalah untuk menerapkan pada aset-aset ini, termasuk mata uang crypto, aturan perpajakan yang sama yang digunakan untuk investasi keuangan ketika aset digital diklasifikasikan sebagai investasi keuangan.

Baca Juga: Bocoran Strategi Baru Binance dan Gebrakan di Dunia Crypto Gaming di Pasar Crypto

“Aset virtual lainnya, seperti karya seni digital dan NFT, akan terus dikenakan pajak atas keuntungan modal,” kata salah satu sumber yang tidak ingin disebutkan namanya. Kementerian keuangan tidak menanggapi permintaan komentar.

Pemangkasan Pajak Perdagangan Harian

UU Crypto di Brasil
Sumber: Watcher Guru

RUU tersebut juga akan menurunkan tarif pajak atas keuntungan dari operasi perdagangan harian menjadi 15%, dari 20% saat ini, untuk menyamai tarif yang sama untuk transaksi saham yang tidak diklasifikasikan sebagai perdagangan harian.

“Kami tidak melihat dasar teknis untuk memiliki tarif yang berbeda dalam kedua situasi ini, demi prinsip kesetaraan (di hadapan hukum) dan netralitas yang mengatur kebijakan pajak,” kata salah satu sumber.

Definisi Baru Surga Pajak

Di bagian lain dari teks tersebut, pemerintah Brasil akan mengusulkan aturan yang lebih jelas untuk mendefinisikan surga pajak, yang bertujuan untuk menutup celah yang memungkinkan penghindaran pajak. Undang-undang Brasil mendefinisikan surga pajak sebagai negara yang mengenakan pajak atas pendapatan dengan tarif kurang dari 20%.

RUU tersebut akan menetapkan karakteristik baru bagi tempat-tempat yang diklasifikasikan sebagai surga pajak, seperti negara-negara yang merahasiakan informasi tentang pemilik dan pemegang saham perusahaan asing yang berinvestasi di Brasil.

Penutup

Langkah pemerintah Brasil untuk mengubah aturan pajak atas investasi keuangan, termasuk mata uang crypto dan perdagangan harian, menunjukkan komitmen pemerintah untuk menciptakan sistem perpajakan yang lebih adil dan transparan. Perubahan-perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pajak dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Revolusi Berbasis AI: CADAICO Melangkah dari Sukses POC Menuju Peluncuran Marketplace Awal

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi