Pertumbuhan Lightning Network Bitcoin Mengejutkan Dunia, Naik 1,212% dalam 2 Tahun!

author:

Pertumbuhan Lightning Network Bitcoin Mengejutkan Dunia, Naik 1,212% dalam 2 Tahun!

Lightning Network, solusi skala layer-2 Bitcoin, telah mencatat pertumbuhan yang luar biasa. Menurut laporan terbaru dari River Financial, transaksi yang dirutekan melalui jaringan ini telah meningkat tajam, menimbulkan pertanyaan tentang apa yang mendorong pertumbuhan ini dan apa dampaknya bagi ekosistem Bitcoin.

Pertumbuhan Transaksi dan Volume Lightning Network

lightning network cetak rekor baru
Sumber: News BTC

Dalam kurun waktu satu tahun, transaksi yang dirutekan melalui Lightning Network telah meningkat dari 503,115 pada Agustus 2021 menjadi 6,599,553 pada Agustus 2023, mencatat pertumbuhan sebesar 1,212%.

Selain itu, volume transaksi dalam dolar AS juga mengalami lonjakan, dari $12,1 juta dan 303 BTC pada Agustus 2021 menjadi $78,8 juta dan 2,950 Bitcoin pada Agustus 2023. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 546% dan 874% masing-masing.

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa adopsi Lightning Network semakin meningkat di kalangan pengguna Bitcoin.

Baca juga: Heboh! Whale Bitcoin Lakukan Transaksi Senilai Rp2 Triliun Setelah 3 Tahun

Pengaruh Gaming dan Micropayments

Salah satu tren yang mengejutkan adalah dampak besar dari sektor gaming terhadap pertumbuhan Lightning Network. Ratusan ribu pengguna aktif bulanan telah berkontribusi pada aktivitas jaringan.

Selain itu, laporan tersebut menunjukkan bahwa 25% dari seluruh aktivitas jaringan terjadi antara 1-10 sats, yang sebagian besar dialokasikan untuk gaming dan streaming. Sebuah persentase tambahan 25% terjadi dalam kisaran 10-1,000 sat, yang terutama terkait dengan tip, sedangkan transaksi di atas 10,000 tampaknya untuk perdagangan, remitansi, dan penyeimbangan node.

Tantangan dan Harapan untuk Lightning Network

Meskipun pertumbuhan yang menakjubkan, Lightning Network masih menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah lambatnya adopsi solusi non-custodial, yang memungkinkan pengguna memiliki kendali penuh atas kunci pribadi mereka.

Banyak pengguna telah beralih ke opsi lain, seperti Wallet of Satoshi, yang merupakan dompet terpusat. Namun, dengan pertumbuhan yang terus berlanjut dan dukungan yang meningkat dari komunitas, ada harapan bahwa solusi non-custodial akan mendapatkan momentum di masa depan.

Pada akhirnya, Lightning Network terus menunjukkan potensinya sebagai solusi skala untuk Bitcoin. Dengan pertumbuhan transaksi dan volume yang menakjubkan, serta adopsi yang meningkat di berbagai sektor, jaringan ini siap untuk memainkan peran kunci dalam masa depan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: