Pertukaran Desentralisasi Hampir Capai Omzet Triliunan Dolar

Pertukaran Desentralisasi Hampir Capai Omzet Triliunan Dolar

Pertukaran aset digital berbasis desentralisasi atau yang dikenal dengan decentralized exchange (dex) telah mencatatkan prestasi yang mengagumkan.

Berdasarkan analisis data terbaru, platform dex hampir mencapai omzet triliunan dolar, dengan total volume perdagangan mencapai $960,69 miliar selama tahun lalu. Ini menandakan era baru dalam industri crypto, di mana dex berperan penting dalam ekosistem keuangan digital.

Desember Penuh Kejutan: Rekor Baru Dalam Volume Perdagangan

Desember menjadi bulan yang fenomenal bagi dex dengan volume perdagangan yang melampaui puncak tertinggi sebelumnya di tahun 2023. Pada bulan tersebut, dex berhasil menyelesaikan swap dengan total $135,86 miliar, mengungguli rekor sebelumnya yang berada di angka $132,26 miliar.

Peningkatan ini menunjukkan tren positif dan minat yang terus tumbuh dari para pengguna terhadap platform perdagangan desentralisasi. Dengan pencapaian ini, dex menunjukkan potensinya sebagai alternatif yang kuat terhadap pertukaran sentralisasi atau centralized exchange (cex).

Baca Juga: Apakah ETF Bitcoin Bisa Menguras Semua BTC di Pasar?

Kegiatan perdagangan yang terus meningkat ini juga mencerminkan kepercayaan yang lebih besar dari para pengguna terhadap sistem keamanan dan transparansi yang ditawarkan oleh dex.

Binance dan Uniswap: Raja Pasar Masing-Masing

uniswap kyc

Dalam persaingan volume perdagangan bulanan, Binance masih memegang kendali sebagai pemimpin pasar cex. Namun, ketika berbicara tentang dominasi dex setiap bulan, Uniswap tidak terbantahkan berada di posisi teratas.

Uniswap berhasil mempertahankan posisinya sebagai platform dex yang paling banyak digunakan, menunjukkan keunggulan dalam inovasi dan layanan yang disediakan kepada penggunanya.

Dominasi Uniswap ini mencerminkan keberhasilan model bisnis dex yang berfokus pada desentralisasi dan keuangan terbuka atau DeFi. Ini juga menandakan pergeseran paradigma dalam cara orang bertransaksi aset digital, di mana mereka lebih memilih kontrol penuh atas aset mereka tanpa perantara.

Dengan momentum yang kuat ini, dex diprediksi akan terus berkembang dan berpotensi mencapai tonggak sejarah dengan volume perdagangan triliunan dolar.

Ini bukan hanya kemenangan bagi dex, tetapi juga bagi seluruh industri crypto yang terus berinovasi dan menawarkan solusi keuangan yang lebih inklusif. Kita berada di ambang era baru di mana teknologi blockchain dan crypto menjadi bagian integral dari sistem keuangan global.

Paragraf Penutup

Tahun ini telah menjadi saksi bisu dari pertumbuhan luar biasa dex yang hampir menyentuh angka triliunan dolar.

Dengan keberhasilan yang diraih oleh platform seperti Uniswap dan dominasi Binance di pasar cex, masa depan perdagangan aset digital tampaknya akan semakin terdesentralisasi. Ini adalah awal dari revolusi keuangan yang akan mengubah cara kamu berinteraksi dengan uang dan aset digital.

Baca Juga: Grayscale Gandeng JPMorgan dan Goldman Sachs untuk ETF Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi