Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

author:

Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

Kabar gembira bagi penggemar crypto, pertemuan yang dilakukan baru-baru ini antara Fidelity Investments dan SEC membuka peluang besar bagi peluncuran ETF Bitcoin. Pertemuan ini membahas aplikasi ETF Bitcoin spot yang telah lama ditunggu-tunggu.

Dengan presentasi yang mendetail, Fidelity berusaha meyakinkan SEC tentang keefektifan produk mereka.

Pertemuan Penting Fidelity dan SEC

Fidelity Investments baru-baru ini mengadakan pertemuan krusial dengan Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat. Pertemuan ini berfokus pada aplikasi ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh Fidelity.

Baca juga: Terungkap! ETF Bitcoin Spot dari Fidelity Hadir di DTCC, Apakah Ini Awal Bull Run?

Dalam pertemuan tersebut, Fidelity mempresentasikan “Bitcoin ETF Workflows”, yang menjelaskan model pembuatan dan penebusan “In-Kind”. Pada pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan Cboe BZX Exchange, personel SEC, dan tim Fidelity, dibahas pula tentang bagaimana arbitrase dan lindung nilai menjadi lebih efisien dengan adanya kreasi fisik.

“Diskusi tersebut berkaitan dengan perubahan aturan yang diusulkan Cboe BZX untuk mendaftarkan dan memperdagangkan saham Wise Origin Bitcoin Trust di bawah Peraturan Cboe BZX 14.11(e)(4). Fidelity juga memberikan presentasi terlampir.”

Fidelity menekankan pentingnya kreasi dan penebusan fisik untuk meningkatkan efisiensi perdagangan dan penentuan harga di pasar sekunder.

AP sebagai grafik model agensi. Sumber: SEC

Optimisme Pasar Crypto Meningkat

Pasar crypto mengalami lonjakan harga yang signifikan seiring dengan harapan akan persetujuan ETF Bitcoin spot. Bitcoin sendiri telah melonjak melewati angka $43,000, menandakan optimisme investor terhadap kemungkinan persetujuan ETF oleh SEC.

Fidelity, bersama dengan BlackRock dan Grayscale, merupakan beberapa dari banyak aplikasi yang sedang ditinjau oleh SEC. Pada hari Jumat yang lalu, Fidelity berhasil menempatkan ETF Bitcoin spot mereka pada Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC).

Langkah ini dianggap sebagai salah satu langkah penting menuju persetujuan resmi, meningkatkan spekulasi dan harapan di kalangan investor dan pengamat pasar.

Baca juga: Harga Bitcoin Naik Bersama Saham Setelah Data Pekerjaan AS Keluar!

Harapan Baru untuk ETF Bitcoin

Meskipun SEC sebelumnya telah menolak aplikasi ETF Bitcoin spot dari Fidelity pada tahun 2022, pertemuan terbaru ini menunjukkan kemajuan yang signifikan. Analis dari Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart, bahkan menyatakan keyakinan bahwa semua aplikasi ETF Bitcoin spot akan disetujui secara bersamaan pada tanggal 10 Januari 2024, sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan SEC untuk aplikasi ARK Invest.

Sementara itu, Hashdex, salah satu pemohon, memperkirakan bahwa ETF Bitcoin spot pertama di AS akan muncul pada kuartal kedua tahun 2024. Namun, dengan pertemuan terbaru ini, banyak yang mulai bertanya-tanya apakah kita akan menyaksikan persetujuan lebih cepat dari yang diantisipasi.

Secara keseluruhan, pertemuan antara Fidelity dan SEC membuka jalan bagi kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot yang telah lama ditunggu. Dengan presentasi yang meyakinkan dan langkah-langkah strategis yang telah diambil, kita mungkin akan menyaksikan babak baru dalam sejarah crypto yang akan mengubah dinamika pasar keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: