Pertarungan Sengit Coinbase vs SEC, Gimana Hasil Keputusannya?

Pertarungan Sengit Coinbase vs SEC, Gimana Hasil Keputusannya?

Pertempuran antara Coinbase dan SEC di pengadilan New York menjadi sorotan, dengan masa depan crypto di Amerika Serikat dipertaruhkan. Kedua belah pihak beradu argumen di hadapan hakim, namun keputusan masih tertunda. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pertahanan Coinbase di Hadapan Hukum

Coinbase membela model bisnisnya yang sedang diuji dalam gugatan yang diajukan oleh SEC pada Juni 2023. SEC menuduh Coinbase beroperasi secara ilegal karena menawarkan jasa perdagangan dan staking crypto tanpa registrasi.

Coinbase berargumen bahwa aset crypto tidak sesuai dengan kerangka Howey yang digunakan SEC untuk menentukan aset sekuritas. Mereka percaya bahwa SEC sedang melampaui batas dengan menerapkan aturan lama pada struktur keuangan baru.

Baca Juga: AltLayer Siap Luncurkan Token ALT, Airdrop Menanti Pendukung Setia!

Pertarungan Interpretasi Hukum Hakim Katherine Polk Failla menghabiskan waktu lima jam untuk mempertanyakan kedua tim hukum. SEC berpendapat bahwa aset crypto memenuhi kriteria Howey sebagai sekuritas.

Namun, Coinbase menolak dengan mengatakan bahwa tidak ada kontrak investasi eksplisit dalam penjualan crypto di pasar sekunder. Perdebatan ini menjadi krusial karena dapat menentukan nasib banyak perusahaan aset digital di AS.

Debat Staking dan Doktrin Pertanyaan Besar

coinbase custody etf bitcoin
Sumber: Blockchain News

Staking menjadi topik hangat dalam persidangan, di mana Coinbase menawarkan program untuk mendapatkan hasil dari deposit crypto. SEC berpendapat bahwa ini merupakan kontrak investasi, sementara Coinbase menegaskan bahwa token tetap milik pengguna.

Baca Juga: Apa Korelasi Antara Spatial Computing, Web3, dan Blockchain?

Debat lainnya adalah tentang Doktrin Pertanyaan Besar, yang menyatakan bahwa SEC tidak boleh membuat aturan sendiri tanpa instruksi eksplisit dari Kongres. Hakim Failla tampak ragu untuk menerapkan doktrin ini, menunggu tindakan lebih lanjut dari Kongres.

Kesimpulan

Setelah persidangan yang intens selama lima jam, Hakim Failla belum mengeluarkan keputusan. Kedua belah pihak menunggu dengan penuh antisipasi, sementara keputusan ini akan sangat berpengaruh pada masa depan industri crypto di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi