Pertama di Asia, ETF Bitcoin Rilis di Negara Ini!

author:

Pertama di Asia, ETF Bitcoin Rilis di Negara Ini!

Dilansir Cointelegraph (12/1/23), para investor Hong Kong kini dapat memperoleh jalan ke Bitcoin melalui daftar ETF Samsung, yang diluncurkan pada hari ini, 13 Januari 2023. Wih! Simak beritanya sampai habis untuk mengetahui lebih lanjut!

SFC Hong Kong Izinkan Penyedia ETF

ETF Bitcoin Hong Kong
Sumber: Finbold

Dilaporkan oleh Crypto Slate (12/1/23), Samsung Asset Management menerima persetujuan untuk mendaftarkan Bitcoin (BTC) Futures Exchange Traded Fund (ETF) di Bursa Efek Hong Kong pada 13 Januari 2023. Sebelumnya, pada 31 Oktober 2022 lalu, diketahui bahwa Securities and Futures Commission (SFC) atau Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong mengumumkan rencana untuk mengizinkan penyedia ETF dalam membuat daftar kontrak berjangka bagi investor ritel agar mendapatkan exposure aset crypto. Langkah ini dilakukan di tengah lonjakan minat terhadap cryptocurrency, baik dari pemerintah maupun investor institusional di Hong Kong.

Dilansir dari Cointelegraph (12/1/23), ETF, atau dana yang diperdagangkan di bursa, akan melacak harga spot Bitcoin dengan berinvestasi pada produk berjangka Bitcoin yang terdaftar di Chicago Mercantile Exchange (CME). Secara garis besar, ETF akan berinvestasi di CME Bitcoin Futures, dengan beberapa investasi di CME Micro-Bitcoin Futures.

Baca juga: Jadi Negara ‘Pro-Crypto’, Hong Kong Akan Terapkan Regulasi Crypto Mulai Juni 2023

Hong Kong Jadi Negara Asia Pertama yang Adopsi ETF

Hong Kong Adopsi Crypto
Sumber: PYMTS

Saat ini, Hong Kong adalah satu-satunya pasar di Asia di mana ETF Bitcoin Futures dapat diperdagangkan. Samsung ETF Bitcoin Futures bergabung dengan Hong Kong Crypto Futures ETF, yang mulai diperdagangkan hingga $70 juta pada tahun 2022. Pasar lain di seluruh dunia termasuk Kanada, Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara Eropa, seperti Swiss.

Menanggapi hal ini, Park Seong-jin, selaku kepala Samsung Asset Management Hong Kong, berkomentar

“Hong Kong adalah satu-satunya pasar di Asia di mana ETF Bitcoin futures terdaftar dan diperdagangkan di pasar institusional. Ini akan menjadi opsi baru bagi investor yang tertarik dengan Bitcoin sebagai produk kompetitif.”

Lebih lanjut, daftar ETF ini akan memberikan investor ritel dan institusi cara baru untuk mendapatkan exposure ke Bitcoin, yang dapat membantu menarik lebih banyak investor arus utama ke ruang cryptocurrency. Dengan reputasi dan kekuatan merek Samsung, ETF bisa menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang mencari cara untuk berinvestasi di Bitcoin tanpa membeli dan memegang kunci pribadi mereka sendiri secara langsung.

Pasar Crypto Mulai Pulih Kembali?

Menuru laporan Cointelegraph (12/1/23), langkah yang diambil Samsung ini dilatar belakangi oleh harga Bitcoin yang melampaui level $18,000, yang mana menunjukkan potensi kenaikan sentimen positif di antara para trader. Tak hanya itu, cryptocurrency lain juga mengalami kenaikan, mencatat adanya pemulihan di pasar crypto yang lebih luas.

Pada tahun 2022, Samsung Asset Management Hong Kong Limited berhasil mengelola aset senilai $1,4 miliar, sementara merek Samsung skala global terus terlibat aktif dalam ruang crypto. Smartphone andalannya, yaitu Galaxy S22, kini hadir dengan dompet blockchain yang sudah terinstal sebelumnya.

Tak hanya itu, Samsung juga telah melakukan kerja sama dengan Polygon untuk meluncurkan Savage Smart TV, untuk menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna Web3. Dengan adanya ETF ini, menjadi sebuah indikasi lainnya bahwa merek global dengan kapitalisasi pasar $300 miliar ingin memanfaatkan minat yang meningkat pada cryptocurrency.


Referensi: