Apakah ETF Bitcoin Akan Segera Disetujui? Simak Prediksi Terbaru!

Apakah ETF Bitcoin Akan Segera Disetujui? Simak Prediksi Terbaru!

Kabar terbaru datang dari dunia crypto, di mana CEO ARK Invest, Cathie Wood, memberikan pandangan mengejutkan tentang efek jangka pendek dari persetujuan ETF Bitcoin. Menurutnya, meskipun ada harapan tinggi, bisa jadi akan terjadi penjualan besar-besaran yang mempengaruhi harga Bitcoin. Simak ulasan lengkap mengenai fenomena yang sedang hangat diperbincangkan ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Antisipasi Pasar dan Efek Jangka Pendek

cathie wood sec
Sumber: CNBC

Cathie Wood, yang memimpin ARK Invest, mengungkapkan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot oleh regulator sekuritas AS bisa berdampak negatif pada harga Bitcoin dalam jangka pendek. Ia percaya bahwa investor mungkin akan memilih untuk “jual pada berita” setelah persetujuan tersebut terjadi.

Hal ini didasarkan pada gerakan besar yang bersifat antisipatif, di mana banyak investor telah menaikkan harapan mereka terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin spot. Dalam wawancara dengan Yahoo Finance, Wood menekankan bahwa meskipun dampak jangka pendek mungkin terlihat negatif, pandangan jangka panjang tetap menjanjikan.

Ia yakin bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot akan membuka pintu bagi investor institusional untuk berpartisipasi. Wood menambahkan bahwa ini akan menjadi salah satu cara termudah bagi institusi untuk mengakses Bitcoin, yang pada akhirnya dapat mendorong harga Bitcoin naik secara signifikan.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Pertama Uni Eropa Resmi Diluncurkan di Bursa Amsterdam!

Potensi Persetujuan SEC dan Dampaknya

Diskusi tentang ETF Bitcoin spot dengan SEC, menurut Wood, telah berjalan sangat positif. Ia optimis bahwa persetujuan untuk ETF Bitcoin spot pertama atau beberapa ETF sekaligus bisa terjadi sekitar Januari. Wood mengungkapkan bahwa ada perubahan sikap dari SEC dalam beberapa bulan terakhir, dari penolakan diam-diam menjadi pertanyaan teknis yang mendetail dan bermakna.

Perubahan ini menandakan dialog yang lebih produktif antara para pemohon ETF dan SEC. Wood percaya bahwa ini adalah langkah positif yang menunjukkan prospek cerah bagi persetujuan ETF Bitcoin spot. ARK Invest sendiri merupakan salah satu dari 14 perusahaan yang telah mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot kepada SEC, bekerja sama dengan penyedia produk bursa crypto Eropa, 21Shares.

Baca Juga: Rangkuman Regulasi Crypto di Berbagai Negara Tahun 2023, MiCA Salah Satunya!

Harapan Tinggi di Tahun 2024

Meskipun ada kepercayaan tinggi terhadap persetujuan yang akan datang, beberapa analis memprediksi bahwa persetujuan SEC mungkin tidak akan terjadi hingga tahun 2024. Namun, jika persetujuan ini terjadi, diperkirakan akan ada dampak besar pada harga Bitcoin. Investor dan pengamat pasar crypto terus mengikuti perkembangan ini dengan penuh antusiasme.

Kampanye untuk mendapatkan ETF Bitcoin spot telah berlangsung lama dan penuh dengan tantangan. Namun, dengan indikasi positif dari SEC, banyak yang berharap bahwa persetujuan akan terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan. Hal ini tentunya akan menjadi tonggak sejarah bagi dunia crypto dan bisa membawa perubahan signifikan pada cara institusi berinvestasi di Bitcoin.

Dengan semua perkembangan dan dialog yang berlangsung, komunitas crypto menantikan keputusan SEC dengan harapan tinggi. Persetujuan ETF Bitcoin spot tidak hanya akan mempengaruhi harga Bitcoin, tetapi juga akan menandai era baru dalam adopsi crypto oleh investor institusional. Kita semua menunggu untuk melihat apakah prediksi Cathie Wood akan menjadi kenyataan di awal tahun ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: