Terobosan Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Segera Melantai di Wall Street?

Terobosan Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Segera Melantai di Wall Street?

Apakah kamu siap menyaksikan sejarah baru di pasar keuangan global? Kabar terbaru menyebutkan bahwa peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk Bitcoin semakin dekat dengan kenyataan. Dengan analis yang memprediksi kemungkinan besar persetujuan dari regulator, dunia crypto mungkin akan menyambut era baru.

Langkah Terakhir Menuju Persetujuan ETF Bitcoin

Pengajuan akhir dari manajer aset yang mencari persetujuan untuk ETF Bitcoin spot dijadwalkan pada 8 Januari. Analis Bloomberg, Eric Balchunas, mengungkapkan bahwa perubahan terakhir ini akan mencakup pengungkapan biaya dan ticker yang tersisa. BlackRock, sebagai contoh, belum mengungkapkan biaya yang terkait dengan ETF mereka.

Setelah pengajuan formulir S-1, SEC akan memasuki tahap keputusan, yang mungkin melibatkan pemungutan suara oleh komisioner SEC. Namun, tidak ada yang terjadwal di agenda publik komisi sebelum 11 Januari, ketika diperkirakan ETF akan mulai diperdagangkan.

Baca Juga: Grayscale Ubah Strategi, XRP dan AVAX Jadi Pilihan Baru!

Pasar crypto telah menunggu selama sepuluh tahun untuk persetujuan ETF Bitcoin spot, dengan SEC yang selama ini menolak karena kekhawatiran atas manipulasi pasar. Namun, situasi tampaknya berubah dengan SEC yang terlihat “terpojok”, menurut James Seyffart dari Bloomberg.

Reaksi Pasar dan Prediksi Analis

keputusan etf bitcoin 2024
The image created by Ai

Jika ETF Bitcoin disetujui, ini bisa menjadi titik balik bagi pasar crypto. Analis memprediksi bahwa sebagian besar aplikasi akan disetujui, terutama bagi mereka yang memenuhi persyaratan regulator sebelum 29 Desember.

Grayscale, yang ingin mengubah Grayscale Bitcoin Trust yang diperdagangkan over-the-counter menjadi ETF BTC yang terdaftar, mungkin akan menerima keputusan setelah persetujuan aplikasi pertama.

Sementara itu, surat dari Better Markets yang menyatakan bahwa persetujuan ETF akan menjadi “kesalahan bersejarah” dianggap sebagai “hembusan terakhir dari seorang pembenci crypto” oleh Balchunas.

Implikasi Lebih Luas bagi Industri Crypto

Persetujuan ETF Bitcoin tidak hanya akan mempengaruhi pasar Bitcoin, tetapi juga bisa memberikan angin segar bagi aset digital lainnya. Investasi yang masuk ke dalam produk investasi crypto tahun lalu mencapai lebih dari $2 miliar, menurut CoinShares.

Ini menunjukkan minat yang kuat dari investor dan potensi pertumbuhan yang signifikan jika ETF Bitcoin mendapatkan lampu hijau. Selain itu, VanEck telah berkomitmen untuk mendonasikan 5% dari keuntungan ETF BTC mereka untuk pengembang Bitcoin Core, menandakan dukungan yang berkelanjutan untuk ekosistem crypto.

Paragraf Penutup

Dengan langkah-langkah terakhir yang sedang berlangsung, komunitas crypto menantikan keputusan SEC dengan penuh antisipasi. Persetujuan ETF Bitcoin bisa menjadi momen penting yang tidak hanya mengubah dinamika pasar crypto tetapi juga membuka pintu bagi investor tradisional untuk terjun ke dalam dunia mata uang digital.

Baca Juga: Bitcoin: Dari Praktik Airdrop Farming yang Kontroversial hingga Keajaiban Teknologi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi