Persaingan Teknologi AI China vs. Amerika Serikat: Ancaman Global yang Terabaikan?

Persaingan Teknologi AI China vs. Amerika Serikat: Ancaman Global yang Terabaikan?

Perkembangan pesat teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memicu persaingan ketat antara China dan Amerika Serikat. Namun, di balik persaingan ini, ancaman global yang mungkin ditimbulkan oleh AI seringkali terabaikan. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ancaman Bencana AI

Dilansir dari Cryptopolitan, AI berpotensi memicu bencana global yang dampaknya bisa melampaui batas negara. Misalnya, penggunaan AI yang jahat untuk menciptakan patogen mematikan, perencanaan krisis keuangan berbasis AI, dan munculnya sistem AI nakal yang berada di luar kendali manusia. Banyak orang meremehkan risiko ini karena dianggap sebagai kemungkinan yang jauh.

Baca Juga: Perintah Eksekutif AI Pertama di AS Diluncurkan oleh Joe Biden! Seperti Apa Regulasinya?

Persaingan Teknologi AI China-AS

perang ai china as
Sumber: Asia Times

China dan AS saat ini berada dalam persaingan sengit untuk mendominasi AI. Kedua negara ini bersemangat untuk meningkatkan kemampuan AI mereka, namun persaingan ini berlangsung tanpa fokus yang sebanding pada keamanan AI. Di AS, perusahaan AI terdepan sedang mengembangkan model dasar yang kuat dengan potensi risiko bagi keamanan publik.

Meski telah banyak berinvestasi dalam pengembangan AI, perusahaan-perusahaan ini hanya mengalokasikan sedikit sumber daya untuk memastikan keamanan AI.

Baca Juga: Perusahaan Teknologi Besar Bersatu Lawan Konten Pelecehan Seksual Anak yang Dihasilkan AI!

Pentingnya Kolaborasi Internasional

Untuk mengatasi risiko AI yang mengancam, komunitas internasional harus mengakui potensi konsekuensi bencana dan mendesak bisnis AI global untuk menetapkan protokol keamanan yang kuat.

Pertemuan mendatang di Inggris tentang keamanan AI adalah titik awal penting untuk memulai dialog tentang isu-isu penting ini. Persaingan teknologi AI antara China dan AS telah menimbulkan kekhawatiran tentang pengabaian keamanan AI.

Meski persaingan dapat mendorong inovasi, hal ini tidak boleh mengaburkan kebutuhan mendesak untuk berkolaborasi dalam mengurangi risiko AI.

Dunia harus memperhatikan pelajaran dari krisis sebelumnya dan bekerja sama secara proaktif untuk memastikan pengembangan dan regulasi AI yang bertanggung jawab. Hanya melalui kolaborasi internasional, kita dapat berharap untuk menahan konsekuensi bencana potensial dari teknologi AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: