Lagi Viral, Apa Itu Pernikahan Metaverse dan Berapa Biayanya?

author:

Lagi Viral, Apa Itu Pernikahan Metaverse dan Berapa Biayanya?

Dunia Metaverse ternyata tidak hanya dipakai untuk chatting hingga gaming. Ternyata, menikah di dunia Metaverse juga bisa dilakukan.

Apa itu pernikahan Metaverse? Bagaimana konsep dan kelebihannya? Mari simak pembahasan menariknya di bawah ini!

Apa Itu Pernikahan Metaverse?

pernikahan metaverse
Sumber: The Business Journals

Pernikahan Metaverse adalah pernikahan yang pelakunya berada di dunia digital bernama Metaverse. Pernikahan ini menggunakan sejumlah gabungan teknologi seperti VR, AR, sampai video.

Mungkin terdengar aneh, tetapi pernikahan dengan konsep seperti ini benar adanya. Pernikahan ini dikhususkan untuk para tamu undangan yang berhalangan hadir. Dengan adanya teknologi ini, para tamu undangan yang berhalangan hadir bisa turut berpartisipasi dalam pesta pernikahan meskipun dari jarak jauh.

Cara kerja dari pernikahan Metaverse ini juga tergolong mudah. Untuk mengakses dunia Metaverse, pengunjung hanya perlu klik tautan yang sebelumnya sudah disediakan oleh pengantin. Kemudian, tamu yang sudah masuk ke tautan tersebut harus mengisi buku tamu sebagai tanda kehadiran.

Selanjutnya, para tamu dapat masuk ke ruangan utama di Metaverse yang berisikan avatar dari pengantin. Meski virtual, suasana pesta pernikahannya akan terasa seperti pesta sungguhan di dunia nyata. Hal ini dikarenakan adanya gabungan tiga teknologi, yakni VR (virtual reality), AR (augmented reality), dan video.

Lalu, bagaimana untuk makanan dan minumannya

Tidak perlu khawatir, dalam pernikahan Metaverse, tamu tetap mendapatkan makanan dan minuman. Hanya saja, makanan dan minuman ini nantinya bentuk voucher yang bisa ditukarkan di dunia nyata.

Voucher makanan dan minuman secara khusus diberika kepada para tamu yang sudah datang di Metaverse. Penukaran voucher ini dapat dilakukan di mitra yang bekerja sama dengan penyelenggara pesta pernikahan Metaverse.

Baca juga: Volume Perdagangan NFT Metaverse Melesat Hingga Rp4,7 Triliun di Q1 2023, Ini Penyebabnya!

Kelebihan Menikah di Metaverse

Kelebihan Menikah di Metaverse
Sumber: The Business Journals

Kamu pasti bertanya-tanya, apa yang membuat menikah di Metaverse menarik?

Pernikahan Metaverse bisa jadi begitu menarik karena terdapat banyak kelebihan. Ada pun kelebihan pernikahan Metaverse adalah:

1. Hemat Budget

Menggelar pernikahan di Metaverse ternyata lebih irit budget dibandingkan di dunia nyata. Hal ini dikarenakan para pengantin tidak perlu repot membayar wedding organizer, memikirkan gedung, sampai dengan MUA. Di pernikahan Metaverse, semua bisa diorganisir hanya dengan satu buah platform.

Platform Metaverse bisa mengakomodir seluruh keinginan pernikahan impian para pengantik. Bahkan, para pengantin bisa merancang avatar dengan pakaian pengantin impian.

Untuk undangannya juga hanya perlu disebarkan lewat media sosial, tanpa perlu cetak undangan fisik.

2. Memudahkan Tamu Undangan yang Jauh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pernikahan Metaverse merupakan solusi bagi tamu jauh. Jarak dan waktu bukanlah suatu halangan untuk hadir ke pesta pernikahan.

Untuk hadir di pernikahan Metaverse, tamu undangan hanya perlu klik tautan yang sudah disediakan mempelai untuk hadir.

Jangan khawatir terkait suasana yang ada di dalamnya, di pernikahan Metaverse juga terdapat vendor layaknya wedding organizer yang mendesain konsep pernikahan sedemikian rupa. Vendor tersebut akan menjual konsep pernikahan Metaverse dalam bentuk NFT.

Meskipun virtual, suasana pesta pernikahan akan terasa sangat nyata. Pernikahan Metaverse ini sangat cocok diselenggarakan bagi pasangan yang memiliki banyak kerabat jauh.

3. Simple, Anti Ribet

Hanya bermodalkan sebuah tautan, para pengantin bisa menyelenggarakan pernikahan Metaverse. Dengan segala kemudahannya, para pengantin bisa menyelenggarakan pernikahan impian dengan persiapan yang tidak terlalu rumit.

Terlebih, saat ini sudah banyak vendor yang melirik jasa pernikahan Metaverse. Jadi, hanya dengan berdiskusi dengan vendor, membayar biaya tertentu, pernikahan Mateverse sudah bisa dilakukan.

4. Mewujudkan Wedding Dream

Setiap orang tentu memiliki pernikahan impian dengan konsep tertentu. Sayangnya, tidak semua konsep pernikahan impian dapat diwujudkan di dunia nyata.

Melalui pernikahan Metaverse, para pengantin dapat mewujudkan wedding dream mereka yang mungkin berkonsep extra ordinary.

Misalnya, di momen pernikahan, sepasang kekasih ingin mengenakan gaun pengantin bertema unicorn atau kostum putri kerajaan dengan pernak-perniknya, hal ini bisa dengan mudah diwujudkan di dalam pernikahan Metaverse.

5. Pengalaman Baru

Selain mudah dan tidak pakai ribet, para pengantin dan para tamu juga akan mendapatkan pengalaman baru melalui pernikahan Metaverse. Pernikahan Metaverse memang tergolong baru karena masih dilakukan oleh beberapa pasangan saja.

Jika kamu termasuk orang yang menyukai tantangan dan suka mencoba hal baru, menikah di Metaverse adalah jawaban. Akan tetapi, jika ingin menyelenggarakan pernikahan virtual, kamu perlu memastikan hal-hal yang bersifat teknis.

Seperti koneksi internet yang harus stabil. Pastikan para tamu yang ingin kamu undang memiliki perangkat internet dan device yang memadai.

Berapa Budget untuk Menikah di Metaverse?

Budget Nikah di Metaverse
Sumber: The Business Journals

Setelah mengetahui kelebihan pernikahan Metaverse, lantas, berapa budget untuk menikah di dunia Metaverse? Meski virtual, para pengantin tetap harus menyiapkan budget untuk pembelian konsep yang sudah disediakan vendor.

Konsep pernikahan Metaverse biasanya dijual melalui NFT dengan harga bervariasi. Untuk biaya keseluruhannya berkisar dari $500 atau Rp7,5 juta sampai $15.000 atau Rp226 juta, tergantung jenis konsep dan rancangan apa yang dipilih.

Pernikahan Metaverse umumnya berlangsung antara 1-2 jam, layaknya di gedung secara nyata. Untuk biaya-biayanya mencakup beberapa hal, diantaranya:

  • Tempat digital
  • Dekorasi digital
  • Tema pernikahan/rancangan pernikahan
  • Partisipasi tamu
  • Voucher makanan/minuman (jika ingin disediakan)
  • Pakaian pengantin avatar

Contoh Pernikahan di Metaverse yang Sudah Ada

Contoh Pernikahan di Metaverse
Sumber: Rose Law Group Reporter

Walaupun terdengar kurang masuk akal, nyatanya pernikahan Metaverse sudah terjadi.

Contoh pernikahan Metaverse yang pertama dilakukan di Yogyakarta, yakni antara Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum. Pernikahan Metaverse diadakan pasangan tersebut untuk antisipasi penyebaran pandemi COVID-19. Beberapa waktu lalu, pemerintah memang melarang adanya kerumunan untuk mencegah wabah menular. Pasangan asal Yogyakarta tersebut akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan acara di dunia digital, di mana para tamu bisa hadir melalui link yang sudah dibagikan.

Walaupun menghadiri pesa pernikahannya di rumah masing-masing, tamu tetap bisa merasakan vibes pernikahan seperti di tempat asli. Dalam pernikahan tersebut, terdapat alunan gending Jawa, avatar pengantin dengan pakaian adat Jawa, sampai makanan dan minuman.

Untuk makanan dan minumannya, tamu-tamu mendapatkan voucher makan masing-masing yang dapat ditukar dengan makanan di tempat yang sudah ditetapkan penyelenggara.

Baca juga: Top 5 Kota Metaverse di Dunia, Ada dari Indonesia Juga!

Menurut laporan, mempelai asal Yogyakarta tersebut merupakan pasangan pertama yang menyelenggarakan pernikahan di dunia Metaverse, bahkan yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Contoh lainnya adalah pernikahan antara Dinesh SP and Janaganandhini Ramaswamy pada 6 Februari 2022 di India.

Kesimpulannya, teknologi yang semakin maju ternyata dapat menghadirkan banyak alternatif di kehidupan. Seperti misalnya pada pernikahan Metaverse, di mana semuanya dilakukan secara virtual.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengadakan pernikahan di Metaverse?


Referensi: