Ini Dia Tantangan Perlindungan Konsumen Crypto Menurut Samuel Yim dari 1inch!

Ini Dia Tantangan Perlindungan Konsumen Crypto Menurut Samuel Yim dari 1inch!

Bali, Pintu News – Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, isu perlindungan konsumen sering menjadi sorotan.

Lewat diskusi Clash of the Titans: Decentralized vs Centralized Trading dalam Coinfest 2023 di Bali pada 24 Agustus 2023, Samuel Yim, CBDO & APAC Director 1inch membagikan pandangan mendalam tentang bagaimana penyimpanan mandiri dapat menjadi bentuk perlindungan konsumen terbaik dalam

DEX dan Industri Crypto

DEX, yang merupakan Decentralized Exchange atau bursa terdesentralisasi, adalah bagian dari ekosistem crypto yang lebih luas. Samuel menekankan bahwa:

“DEX adalah subset dari ruang crypto secara keseluruhan.”

Dalam konteks perlindungan konsumen, konsep penyimpanan mandiri menurutnya merupakan salah satu hal yang sangat relevan.

Penyimpanan Aset Mandiri Sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen Terbaik

bitcoin trading tools
(cryptopolitan.com)

Menyentuh pada konsep penyimpanan mandiri, Samuel berpendapat bahwa ini adalah bentuk perlindungan konsumen terbaik.

Berkaca dengan beberapa insiden di bursa crypto yang pernah terjadi sebelumnya, Samuel mengatakan bahwa pengguna 1inch yang menggunakan dompet crypto mandiri mereka tidak mengalami masalah.

Baca Juga: 1inch Network Mendominasi Pasar dengan Peningkatan Pengguna Sebanyak 4,5 Juta!

Menurutnya penyimpanan aset secara mandiri berarti tidak ada yang mengendalikan dan tidak ada akses pihak ketiga ke dalamnya.

Tanggung Jawab dalam Mengendalikan Penyimpanan Mandiri

Dengan kekuatan untuk mengendalikan penyimpanan mandiri, menurut Samuel ada juga tanggung jawab untuk mengendalikan dan mengamankan rahasia aset pengguna. Samuel menambahkan bahwa:

“Dengan adanya kekuatan untuk mengendalikan penyimpanan mandiri kamu, kamu juga memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan dan mengamankan rahasia kamu.”

Oleh karena itu menurutnya, jika pengguna mampu mengendalikan dan meangamankan penyimpanan mandirinya, maka pengguna akan memiliki perlindungan konsumen yang sebenarnya.

Baca Juga: Prediksi Harga 1inch 2023, 2025, 2030: 1INCH Bisa Naik 1732,34% dan Buat ATH Baru?

Menanggapi masalah yang sama seputar DEX di acara Coinfest 2023 (24/8), Naman Sehgal, Co-Founder sekaligus COO ZKX, menggatakan bahwa:

“Jika saya berbicara tentang perlindungan konsumen, cara terbaik untuk melindungi uang kamu adalah sesederhana memiliki dompet crypto mandiri yang juga dapat membantu kamu melacak setiap transaksi”.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.