Siap-siap Lonjakan Harga: Litecoin (LTC) Siap Melesat dengan Adanya Event Halving!

Siap-siap Lonjakan Harga: Litecoin (LTC) Siap Melesat dengan Adanya Event Halving!

Litecoin (LTC) sering disebut sebagai “perak digital” jika dibandingkan dengan “emas digital” Bitcoin (BTC).

Sejak 1 Januari 2023, harga LTC telah mengalami reli hingga hampir 53%. Selain itu, aset ini naik sebanyak 22,2% dalam seminggu terakhir. Jika melihat grafik tahunan, token ini sudah naik sebesar 114,1%.

Saat ini, pasar crypto secara umum mengikuti pergerakan Bitcoin (BTC). Sentimen positif terkini terkait BTC terkait dengan pengajuan BlackRock untuk meluncurkan Spot Bitcoin ETF.

Event Halving Litecoin (LTC)

Namun, Litecoin (LTC) juga memiliki beberapa perkembangan positif. Pertama, LTC akan mengalami event Litecoin halving pada tanggal 10 Agustus 2023, sekitar sebulan dari sekarang. Event ini akan memotong reward LTC menjadi setengah.

Biasanya, event halving menghasilkan kenaikan harga karena pasokan yang berkurang secara perlahan. Banyak yang memperkirakan LTC akan mengikuti pola tersebut dan mengalami reli menjelang halving.

Selain itu, hash rate Litecoin (LTC) hampir 2 kali lipat sejak Juli 2022. Hash rate LTC saat ini mencapai 774.2131 TH/s.

Bersamaan dengan hash rate, tingkat kesulitan pertambangan Litecoin (LTC) juga meningkat ke level tertinggi baru. Tingkat kesulitan LTC saat ini adalah 26.73M.

Kedua perkembangan ini menunjukkan bahwa jaringan LTC lebih aman dari sebelumnya, yang menjadi alasan lain bagi investor untuk bersukacita.

Meskipun perkembangan di atas terlihat bullish, tidak semuanya akan berjalan mulus seperti yang terlihat.

Peringatan Potensial: Koreksi Harga Menanti Litecoin?

Menurut analis crypto populer yang dikenal sebagai “Ali”, MVRV 30 hari Litecoin (LTC) saat ini berada di sekitar 35%.

Ali mencatat bahwa secara historis, MVRV 30 hari di atas 30% diikuti oleh “koreksi harga yang tajam”. Analis tersebut menyebutkan bahwa LTC berpotensi mengalami koreksi sebesar 30%-40%.

Baca Juga: Widih! Transaksi Jaringan Litecoin (LTC) Meroket Hampir 400%, Apa Faktornya?

Jika perkiraan analis tersebut terbukti benar, Litecoin (LTC) bisa jatuh ke level pertengahan Juni, yaitu sekitar $73. LTC sudah turun 4,7% dalam 24 jam terakhir.

Oleh karena itu, koreksi lebih lanjut masih mungkin terjadi. Saat ini, LTC diperdagangkan pada $106,97, turun 0,4% dalam 1 jam terakhir.

Potensi Koreksi Harga Litecoin (LTC)

litecoin posisi 9
Unsplash

Meskipun Litecoin (LTC) mengalami beberapa perkembangan positif menjelang halving, ada beberapa tanda-tanda potensi koreksi harga.

Analis kripto yang dikenal sebagai “Ali” mencatat bahwa MVRV 30 hari Litecoin saat ini berada di sekitar 35%, level yang secara historis telah diikuti oleh koreksi harga yang tajam. Ali memperkirakan LTC dapat mengalami koreksi sebesar 30%-40%.

Jika prediksi analis tersebut terbukti benar, Litecoin dapat jatuh ke level sekitar $73, yang setara dengan tingkat pertengahan Juni 2023.

Baca Juga: Prediksi Harga Litecoin 2023, 2025, 2030: Terdapat Persilangan Positif, LTC Diramal Tembus Rp29 Juta?

Dalam 24 jam terakhir, LTC telah mengalami penurunan sebesar 4,7%. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa pasar crypto sangat volatil, dan harga aset dapat berubah dengan cepat.

Saat ini, Litecoin diperdagangkan pada harga $106,97, mengalami penurunan sebesar 0,4% dalam satu jam terakhir.

Para investor dan trader perlu memantau perkembangan harga LTC dengan cermat dan mempertimbangkan risiko sebelum mengambil keputusan investasi.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: