Manta Network: Dari Peluncuran Token Hingga Jadi Jaringan Layer-2 Terbesar Ke-3!

Manta Network: Dari Peluncuran Token Hingga Jadi Jaringan Layer-2 Terbesar Ke-3!

Manta Network, jaringan blockchain Layer 2 berbasis zero-knowledge proof, baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di dunia crypto. Setelah peluncuran tokennya yang bermasalah, jaringan ini berhasil bangkit dan kini menjadi jaringan Layer 2 terbesar ketiga berdasarkan nilai total yang terkunci (TVL). Bagaimana perjalanan Manta Network hingga mencapai titik ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebangkitan Manta Network

Setelah peluncuran token yang kurang mulus, Manta Network kini telah kembali beroperasi normal dengan kapitalisasi pasar sepenuhnya mencapai $3,1 miliar. Kenny Li, salah satu pendiri p0x labs yang berbasis di Boston dan pencipta Manta Network, mengungkapkan bahwa margin keuntungan protokol telah meningkat drastis berkat teknologi Layer 2.

manta network ddos
Sumber: Medium

Dalam 30 hari terakhir, Manta Network telah berhasil menghemat sekitar $1 juta bagi para penggunanya. Ke depannya, jaringan ini akan berusaha mencari keseimbangan antara volume transaksi aktual dan jumlah pendapatan aktual.

Untuk memperluas jaringan, p0x labs akan mengalokasikan hibah ekosistem untuk proyek-proyek dengan kinerja historis yang kuat, seperti Zero Lend yang telah melampaui TVL sebesar $19 juta tak lama setelah peluncuran. 

Manta Network akan mencari proyek-proyek yang telah terbukti di ruang ini. Untuk anggaran dan peta jalan tahun ini, Li berencana untuk fokus pada pengembangan bisnis di Korea, di mana LayerBank dan protokol pinjaman Shoebill, keduanya merupakan bagian dari ekosistem Manta, telah melampaui TVL sebesar $350 juta.

Baca Juga: Binance Menambahkan Manta Network Saat TVL Manta Pacific Melebihi $800 Juta!

Tantangan dan Fokus Manta Network

kenny manta
Sumber: Akun X Manta Network

Meskipun mengalami pertumbuhan, Manta Network juga harus mengesampingkan beberapa tujuan lama, seperti ide awalnya untuk mengeksplorasi aspek privasi dari teknologi zero-knowledge. Hal ini dikarenakan belum adanya kejelasan peraturan yang cukup di Amerika Serikat.

Keseimbangan antara kejelasan dan kelayakan teknologi dalam menciptakan pengalaman pengguna yang sangat skalabel belum tercapai.

Sementara itu, jaringan ini telah fokus pada aplikasi terdesentralisasi yang mendukung zero-knowledge, termasuk poker sepenuhnya on-chain dan pencetakan identitas terdesentralisasi. Manta Network saat ini memiliki total TVL gabungan sebesar $1,5 miliar di seluruh aset yang dicetak dan dijembatani.

Baca Juga: Serangan Siber Guncang Manta Network di Tengah Euforia Peluncuran Token!

Menjadi Jaringan Layer 2 Terbesar Ketiga

Awal bulan ini, Manta Pacific, salah satu jaringan yang ditawarkan oleh Manta Network, berhasil melampaui jaringan Base milik Coinbase dan menjadi jaringan Layer 2 terbesar kedua, hanya dalam waktu lima bulan setelah peluncuran. Kenny Li mengungkapkan bahwa ada dua alasan utama di balik pencapaian ini.

Pertama, kampanye New Paradigm yang mendorong jaringan ini ke posisi keempat beberapa minggu sebelumnya. Kampanye ini memperkenalkan aset yang menghasilkan hasil secara langsung ke dalam jaringan Layer 2.

Kedua, setelah peluncuran token Manta Network, dengan banyaknya likuiditas dan volume pada jaringan aktualnya, Manta Pacific berhasil naik ke posisi tiga besar. Manta Pacific adalah jaringan yang kompatibel dengan EVM yang menawarkan dukungan untuk aplikasi terdesentralisasi dan menggunakan Celestia untuk ketersediaan data.

Dibangun menggunakan OP StackManta Pacific saat ini memiliki nilai $1,7 miliar dalam kontrak pintarnya, berada di belakang Arbitrum dan Optimism.

Kesimpulan

Perjalanan Manta Network hingga menjadi jaringan Layer 2 terbesar ketiga tidaklah mudah. Setelah peluncuran token yang bermasalah dan serangan DDoS, jaringan ini berhasil bangkit dan terus berkembang. Dengan fokus pada pengembangan ekosistem dan dukungan untuk proyek-proyek yang ada, Manta Network siap untuk terus melaju dan memberikan dampak positif bagi dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi