Jatuh Bangun Perjalanan Celsius Network Hingga Pindah Fokus ke Mining Bitcoin!

author:

Jatuh Bangun Perjalanan Celsius Network Hingga Pindah Fokus ke Mining Bitcoin!

Celsius Network, platform pinjaman crypto yang pernah berjaya, kini terpuruk dalam kebangkrutan. Dengan lebih dari 1,7 juta pengguna dan aset hingga $12 miliar, Celsius Network tiba-tiba menghentikan semua penarikan, pertukaran, dan transfer pada Juni 2022. Apa yang terjadi?

Sejarah Singkat Celsius Network

Celsius Network adalah platform pinjaman crypto dan penyedia akun bunga crypto. Dengan menyetor aset digital di Celsius, pengguna bisa mendapatkan bunga setiap minggu. Celsius menawarkan layanan yang mirip dengan bank tradisional, tetapi dengan transaksi yang lebih cepat dan tanpa biaya.

Baca juga: Celsius dan Pengaruhnya pada Dunia Crypto, Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Pada puncaknya, Celsius memiliki sekitar 300.000 pengguna aktif dan lebih dari 1,7 juta pengguna terdaftar. Namun, di balik layar, Celsius agresif dalam berinvestasi dalam berbagai skema berisiko tinggi.

Selain pinjaman institusional dan ritel yang diiklankannya, Celsius juga aktif dalam penyebaran DeFi, penambangan, dan berbagai strategi perdagangan. Sebelum membekukan semua penarikan pengguna, Celsius dianggap sangat dapat dipercaya oleh penggunanya.

Penyebab Kegagalan Celsius Network

Dengan miliaran dolar dalam aset yang dikelola, sulit membayangkan perusahaan yang mengklaim mengejar strategi pinjaman kripto konservatif bisa bangkrut begitu cepat. Namun, retak di jahitan mulai terlihat pada berbagai titik dalam sejarah singkat Celsius.

Pada Juni 2021, Prime Trust, mitra dan penyimpan crypto Celsius, memutuskan hubungan ketika tim risiko Prime Trust merasa khawatir tentang strategi Celsius yang “terus-menerus meminjamkan aset yang sama”.

Dalam kondisi pasar yang stabil, ini bisa menghasilkan hasil yang lebih baik. Namun, pergerakan pasar yang tajam, seperti yang terkait dengan runtuhnya LUNA & UST, akan memiliki konsekuensi negatif yang parah.

Celsius Network Beralih ke Penambangan Bitcoin

Setelah mengalami masa-masa sulit, kabar baru juga datang dari Celsius Network. Menurut laporan terbaru Reuters, Celsius Network telah mengurangi rencana bisnis pasca kebangkrutannya untuk fokus hanya pada penambangan bitcoin, dengan alasan skeptisisme regulator AS terhadap lini bisnis lain yang direncanakan.

Celsius, yang rencana restrukturisasinya juga membayangkan perusahaan mendapatkan biaya “staking” dengan memvalidasi transaksi blockchain dan mengelola portofolio pinjaman mata uang crypto yang lama, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengubah arah setelah menerima “umpan balik” dari Komisi Sekuritas & Bursa AS. Telusuri selengkapnya di Perubahan Besar Celsius Network: Bangkit dari Kebangkrutan, Beralih Fokus ke Mining Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: