Risiko Kerugian Tinggi di Crypto yang Perlu Kamu Waspadai, SEC Beberkan Hal Ini!

Risiko Kerugian Tinggi di Crypto yang Perlu Kamu Waspadai, SEC Beberkan Hal Ini!

Di tengah pasar bearish yang kejam pada cryptocurrency, SEC (Securities and Exchange Commission) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan keras bagi para investor. SEC menekankan bahwa investasi dalam aset crypto sangat spekulatif dan berisiko tinggi, dengan potensi kerugian yang signifikan. Peringatan ini datang setelah pasar crypto kehilangan nilai pasar sebesar $2 triliun, dan kasus runtuhnya FTX yang mengejutkan dunia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volatilitas dan Risiko Tinggi

SEC menyoroti bahwa investasi dalam aset crypto sangat fluktuatif dan penuh spekulasi. Dalam setahun terakhir, nilai bitcoinethereum, dan ribuan token crypto lainnya anjlok, seiring dengan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve yang memicu sentimen risk-off di kalangan investor. Platform tempat kamu membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan aset crypto mungkin tidak memiliki perlindungan yang penting bagi investor.

SEC menegaskan bahwa risiko kerugian bagi investor individu yang terlibat dalam transaksi aset crypto, termasuk sekuritas aset crypto, tetap signifikan. SEC juga menyoroti bahwa banyak platform yang digunakan untuk membeli cryptocurrency mungkin berisiko dan “mungkin tidak mematuhi hukum yang berlaku, termasuk hukum sekuritas federal.”

Baca Juga: SEC AS Soroti Industri Crypto di 2024: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Kekurangan Perlindungan dan Potensi Penipuan

Tidak ada bursa crypto utama yang terdaftar di SEC sebagai broker-dealer, bursa, atau penasihat investasi. Ini berarti kamu mungkin tidak mendapatkan perlindungan yang diberikan oleh aturan yang berlaku untuk entitas-entitas tersebut. SEC memperingatkan bahwa investor dalam crypto “mungkin tidak mendapat manfaat dari aturan yang melindungi dari penipuan, manipulasi, front-running, penjualan cuci, dan perilaku buruk lainnya.”

Fraud masih merajalela di industri crypto, dengan penipu yang terus memanfaatkan popularitas aset crypto untuk menarik investor ritel ke dalam penipuan. SEC menekankan bahwa “uang satu-satunya yang harus kamu resikokan dengan investasi spekulatif adalah uang yang kamu mampu kehilangan sepenuhnya.”

Pemerintah tampaknya akan terus menindak industri crypto menyusul pemberitahuan Wells kepada Coinbase, penangkapan Do Kwon, dan tuduhan terbaru terhadap Justin Sun serta endorser selebriti seperti Lindsay Lohan dan Jake Paul. Sebagai investor, penting untuk memahami risiko yang terlibat dan berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi di pasar crypto yang tidak menentu ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: