SEC Kembali Beri Peringatan FOMO Jelang Keputusan ETF Bitcoin

SEC Kembali Beri Peringatan FOMO Jelang Keputusan ETF Bitcoin

Apakah kamu siap menghadapi gejolak pasar crypto? SEC, regulator pasar modal Amerika Serikat, baru-baru ini mengeluarkan peringatan keras terhadap perilaku FOMO (Fear of Missing Out) di tengah meningkatnya harapan terhadap persetujuan ETF Bitcoin.

Dengan keputusan penting yang akan diumumkan, penting bagi kamu untuk memahami risiko sebelum terjun ke dalam investasi yang sedang tren ini. Simak berita lengkapnya disini!

Peringatan SEC Terhadap FOMO

peringatan fomo sec
Sumber: Akun X SEC

SEC menekankan pentingnya menghindari FOMO dalam investasi, terutama saat pasar crypto sedang panas. Dalam sebuah tweet, regulator ini menyarankan agar kamu tidak terburu-buru mengikuti kerumunan investor yang membeli aset tertentu.

SEC pertama kali mengeluarkan peringatan ini pada 23 Januari 2021, namun Bitcoin dan altcoin lainnya tetap mencapai nilai puncak pada November 2021. Peringatan tersebut kembali ditegaskan pada Maret 2022, menunjukkan kekhawatiran SEC terhadap perilaku investor yang terlalu cepat terpengaruh.

Meskipun tidak menyebutkan aset tertentu, blog post asli SEC menyebutkan crypto dan meme stocks sebagai contoh. Dengan Bitcoin yang baru-baru ini melampaui $45.000, SEC ingin memastikan bahwa kamu memahami risiko sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga: 4 Crypto yang Wajib Dipantau dalam Waktu Dekat Menjelang ETF Bitcoin!

Selebriti dan Pengaruhnya Terhadap Investasi

SEC juga menyoroti bagaimana selebriti dan atlet dapat mempengaruhi keputusan investasi kamu. Mereka seringkali mempromosikan aset crypto dan produk investasi lainnya, namun SEC mengingatkan untuk tidak hanya mengandalkan rekomendasi mereka.

Pada Oktober 2023, Kim Kardashian setuju untuk membayar denda sebesar $1,26 juta kepada SEC karena tidak mengungkapkan pembayaran yang diterimanya untuk mempromosikan token Ethereum Max (EMAX). Kamu harus waspada terhadap volatilitas aset yang dapat berubah drastis karena tren dan influencer.

SEC menanyakan bagaimana perasaan kamu jika investasi yang kamu miliki turun 20%, 30%, atau bahkan 50% dalam sehari. Pesan ini menjadi penting terutama saat industri crypto menantikan keputusan ETF Bitcoin yang akan datang.

Baca Juga: Minggu Penentuan Ekonomi AS dan Nasib ETF Bitcoin, Ini 3 Hal yang Wajib Dipantau!

Antisipasi Keputusan ETF Bitcoin

Dunia crypto sedang menunggu dengan penuh antisipasi keputusan SEC mengenai ETF Bitcoin. Beberapa pengguna media sosial berspekulasi bahwa SEC mungkin akan menyetujui satu atau lebih ETF Bitcoin spot yang tengah menunggu keputusan.

Analis ETF senior Bloomberg, Eric Balchunas, memprediksi bahwa sebagian besar aplikasi akan disetujui dalam waktu dekat, terutama bagi mereka yang telah memenuhi persyaratan regulator sebelum 29 Desember.

Keputusan ini akan sangat berpengaruh pada pasar crypto dan bisa menjadi momen penting bagi investor. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap tenang dan tidak terbawa oleh FOMO yang bisa berakibat pada keputusan investasi yang buruk.

Kesimpulan

Dengan keputusan ETF Bitcoin yang akan segera diumumkan, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan tidak terjebak dalam FOMO. Ingatlah bahwa setiap investasi memiliki risikonya sendiri dan tidak semua peluang investasi cocok untuk setiap orang. Jadi, pertimbangkan dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: