Peter Schiff Peringatkan Semua Bank Akan Gagal, Crypto Akan Kalahkan Bank?

Peter Schiff Peringatkan Semua Bank Akan Gagal, Crypto Akan Kalahkan Bank?

Ekonom dan pendukung emas Peter Schiff mengulangi kekhawatirannya mengenai keadaan ekonomi AS dan krisis perbankan yang akan datang di acara David Lin yang ditayangkan awal Juli 2023 lalu.

Keadaan Sektor Perbankan Menurut Schiff

“Seluruh sektor perbankan benar-benar bangkrut, berkat apa yang telah kita lakukan selama dekade terakhir dengan membebani bank-bank ini dengan semua hutang jangka panjang berbunga rendah. Dan kami memiliki semua asuransi deposit sehingga tidak ada yang benar-benar peduli tentang apa yang dilakukan bank dengan uang mereka karena semuanya diasuransikan oleh pemerintah,” urai Schiff.

Baca Juga: Benci Crypto, Peter Schiff Malah Rilis NFT di Bitcoin Ordinals. Mulai Jatuh Cinta?

Namun, ia menekankan bahwa runtuhnya bank-bank besar awal tahun ini membuat orang sadar bahwa pemerintah mungkin tidak akan sepenuhnya menutupi semua deposit bank dalam hal kegagalan, terutama jika jumlahnya melebihi batas asuransi FDIC.

Schiff menyarankan agar para nasabah menarik uang mereka dari bank-bank kecil atau regional jika mereka memiliki saldo yang besar, karena bank tersebut mungkin tidak bisa memberikan bunga yang cukup dan jika bank gagal, nasabah mungkin akan kehilangan banyak uang.

Dampak yang Ditimbulkan oleh Kegagalan Bank

perbedaan bank syariah dan bank konvensional
Unsplash

Schiff menambahkan bahwa jika pemerintah ingin menyelamatkan semua bank ini, “satu-satunya cara adalah dengan menghancurkan nilai deposit karena inflasi masif.”

Ia menekankan:

“Uang untuk menyelamatkan bank harus diciptakan oleh Fed. Itu satu-satunya cara mereka akan mendapatkannya.”

Schiff memberikan peringatan lebih lanjut:

“Tidak peduli apakah bank Anda gagal, Anda akan kehilangan uang jika Anda memiliki rekening bank”.

Baca Juga: Setelah Rilis NFT Bitcoin, Akun Twitter Peter Schiff Diretas! Kok Bisa?

Ekonom tersebut menjelaskan bahwa:

“Entah bank tersebut akan gagal karena pemerintah tidak menyelamatkannya dan Anda akan kehilangan deposit Anda atau pemerintah menyelamatkan bank Anda dan deposit Anda kehilangan nilai karena inflasi menghancurkan daya beli. Jadi, tidak peduli apa yang terjadi, orang-orang akan kehilangan banyak uang saat krisis perbankan ini berkembang.”

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: