Waspada, Peringatan Tingkat Tinggi untuk Pengguna Mac dengan Crypto!

Waspada, Peringatan Tingkat Tinggi untuk Pengguna Mac dengan Crypto!

Pengguna Mac yang memiliki aset crypto, waspadalah! Kaspersky, perusahaan keamanan siber, baru-baru ini mengeluarkan peringatan serius. Mereka menemukan virus baru yang secara khusus menarget dompet crypto kamu. Virus ini menyebar melalui aplikasi bajakan yang diunduh dari internet, menggantikan dompet crypto yang sah dengan versi yang terinfeksi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Malware Canggih Incar Dompet Crypto

Virus yang belum diidentifikasi ini menyerang pengguna Mac yang menjalankan macOS versi 13.6 ke atas. Baik sistem Intel maupun Apple Silicon tidak luput dari targetnya. Virus ini menggunakan skrip Python yang berjalan diam-diam di latar belakang, setelah berhasil masuk melalui rekaman DNS yang terinfeksi.

Setelah aktif, virus ini mencari dompet Bitcoin atau Exodus di Mac kamu. Jika ditemukan, virus ini akan menggantinya dengan dompet yang telah dihack dan diunduh dari URL berbahaya. Akibatnya, para penyerang dapat dengan mudah mendapatkan kata sandi dan mengakses Bitcoin yang tersimpan di dalamnya.

Baca Juga: Waspada! Malware GodFather Menyerang Aplikasi Keuangan dan Crypto

Peringatan dari Kaspersky untuk Pengguna Mac

crypto value illicit address
Total Cryptocurrency yang Diterima oleh Alamat Terlarang, 2018-2023. Sumber: Chainalysis

Kaspersky mengingatkan bahwa virus ini masih dalam tahap pengembangan, dan diperkirakan akan memiliki lebih banyak fitur dan fungsi berbahaya di masa depan. Virus ini menunjukkan tingkat kecerdikan yang tinggi dengan menyembunyikan skrip Python dalam rekaman server DNS, membuatnya sulit terdeteksi dalam lalu lintas jaringan.

Perusahaan keamanan siber ini menyarankan kamu untuk berhati-hati saat mengunduh file dari situs web yang tidak jelas keasliannya. Mereka juga menyarankan penggunaan produk keamanan siber yang terpercaya untuk perlindungan tambahan. Khususnya bagi pengguna dompet Bitcoin, kehati-hatian ekstra sangat dianjurkan karena mereka menjadi target utama bagi para peretas.

Baca Juga: Lebih dari 1 Juta Komputer Terinfeksi oleh Malware Canggih yang Menyamar Sebagai Mining Crypto!

Keamanan Crypto di Dunia Maya

Bukan kali ini saja malware mencoba mencuri aset crypto dari pengguna Mac. Pada tahun 2023, sekelompok peretas dari Korea Utara berhasil menipu 19 korban dengan menyamar sebagai jurnalis dan organisasi resmi.

Mereka mencuri informasi akun perdagangan crypto korban dengan menggunakan situs web palsu dan profil media sosial. Kasus ini menunjukkan bahwa seiring dengan meningkatnya nilai dan penggunaan crypto, risiko penipuan dan peretasan juga meningkat.

Meskipun pengguna Mac sering dianggap lebih aman dibandingkan pengguna Windows, mereka tetap harus waspada dan memastikan keaslian sumber program dan situs web yang mereka gunakan.

Kesimpulan

Dengan menerapkan kebersihan dan kesadaran siber yang baik, kamu dapat melindungi dompet crypto dan diri kamu sendiri dari tindakan jahat. Jangan biarkan keamanan digital kamu terkompromi oleh kelalaian. Ingat, keamanan aset digital kamu berada di tangan kamu sendiri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi