Peringatan Arthur Hayes: Kepentingan Institusional Bisa Membahayakan Nilai Inti Bitcoin!

Peringatan Arthur Hayes: Kepentingan Institusional Bisa Membahayakan Nilai Inti Bitcoin!

Peningkatan layanan penitipan institusional terhadap Bitcoin menimbulkan kekhawatiran. Arthur Hayes, pendiri Maelstrom Fund, mengungkapkan bahwa nilai inti Bitcoin, yaitu desentralisasi, bisa terancam. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyamaran Institusional Bitcoin

Di skala global, semakin banyak institusi keuangan tradisional yang memanfaatkan peluang untuk menawarkan layanan penitipan dan perdagangan crypto (ETF). Mulai dari Zodia yang didukung oleh Standard Charted, bank Swiss SGKB, hingga Deutsche Bank, bank-bank yang mewakili sentralisasi dan bahkan “agen negara,” menurut Hayes, berpotensi memusatkan Bitcoin.

Hayes menunjukkan bahwa institusi seperti BlackRock, investor utama dalam operasi penambangan, bisa mempengaruhi masa depan crypto. “Jika ETF BlackRock menjadi terlalu besar, itu bisa membunuh Bitcoin karena hanya sekelompok Bitcoin yang tidak bisa dipindahkan dan hanya duduk di sana,” katanya, dikutip dari Cryptonews, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Prediksi Arthur Hayes: Bitcoin Akan Tembus $750.000 hingga $1 Juta pada 2026!

Bitcoin di Persimpangan Jalan: Hayes vs. Munger

Hayes berpendapat bahwa penjaga institusional hanya akan menjadi “investor pasif besar” dan dalam beberapa hal mungkin bagus untuk harga Bitcoin dalam istilah fiat. Namun, tidak ada kepastian apakah pengejaran institusional terhadap kontrol Bitcoin akan mengarah pada kejatuhannya

“Apakah kita, kamu tahu, mendapatkan lonjakan gula hari ini hanya untuk menimbulkan bencana besar di masa depan? Saya tidak tahu,” kata Hayes. Sebaliknya, Charlie Munger dari Berkshire Hathaway baru saja mencantumkan kenaikan Bitcoin sebagai “racun tikus” dan ancaman yang merusak bagi keuangan tradisional.

Baca Juga: Arthur Hayes Mengaku Beli SOL? Ini Prediksi untuk Kenaikan Harga Solana!

Bitcoin: Antitesis dari Uang Negara

arthur hayes solana
Sumber: Bitcoin Sistemi

Hayes berpendapat bahwa Bitcoin adalah antitesis dari uang negara “yang ada untuk kita, orang-orang, yang memiliki kemampuan untuk mengirim uang ke seluruh dunia.” Namun, dia bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi jika sebagian besar berakhir dalam penitipan satu atau beberapa institusi. Adopsi Bitcoin yang lebih luas pasti akan bagus untuk harga dalam istilah fiat, kata Hayes. “Tapi apakah itu benar-benar akan bagus untuk kegunaan Bitcoin?”

Hayes mengingatkan bahwa orang perlu berpikir jangka panjang tentang masalah ini. “Ya, oke, ETF datang, harga naik ke level apa pun — tapi apa hasil netto dari satu institusi yang memegang semua crypto ini?”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: