Perilaku Whale Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH): Siapa yang Lebih Optimis?

author:

Perilaku Whale Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH): Siapa yang Lebih Optimis?

Dalam dunia crypto, perilaku para ‘whale’ atau pemegang besar sering menjadi indikator penting bagi investor lainnya. Namun, apa jadinya jika whale Bitcoin dan Ethereum menunjukkan perilaku yang berbeda?

Perbedaan Perilaku Paus Bitcoin dan Ethereum

Menurut data terbaru dari Glassnode, ada perbedaan mencolok antara perilaku whale Bitcoin dan Ethereum. Whale Ethereum, yang memiliki 1.000 atau lebih ETH (sekitar $1,5 juta), telah menunjukkan penurunan tajam sejak 2020, dengan penjualan ETH senilai $20 juta.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Ethereum Classic (ETC), Apakah Layak untuk Diperhatikan?

Di sisi lain, whale Bitcoin tampaknya terus mengumpulkan aset mereka secara diam-diam. Pemegang 1.000 atau lebih BTC (sekitar $26,9 juta) tetap relatif datar selama periode yang sama, meski ada beberapa penurunan tajam.

Namun, data ini tampaknya belum lengkap. Kunal Goel, analis senior dari Messari, menanyakan apakah grafik tersebut sudah memperhitungkan staking. Menurutnya, transfer ke kontrak staking mungkin tampak seperti penjualan di rantai, tetapi sebenarnya bukan penjualan sama sekali.

Whale Ethereum Menurun, Whale Bitcoin Bertambah

akumulasi whale bitcoin
Sumber: Twitter

Sementara itu, data dari Santiment menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah whale Bitcoin. Sebanyak 16 dompet sekarang bergabung dalam kelompok yang memiliki antara 100 hingga 1.000 Bitcoin (BTC). Pertumbuhan ini tampaknya disebabkan oleh pemegang dompet kecil yang “naik kelas” ke tingkat berikutnya, memperkuat pandangan bullish terhadap Bitcoin.

Sebaliknya, whale Ethereum, yang didefinisikan sebagai pemegang 1.000 ETH atau lebih, saat ini dalam tren penurunan yang jelas. Dalam setahun terakhir saja, sebanyak 12 juta ETH telah dijual oleh pemegang besar ini. Angka ini melonjak menjadi 20 juta ETH sejak 2020, menunjukkan perubahan signifikan dalam sentimen whale Ethereum.

Baca juga: Terungkap! Rahasia Dibalik Akumulasi Bitcoin oleh Para Whale Meski Harga Stagnan

Optimisme Whale Bitcoin

Sejak Februari 2022, dunia crypto telah menyaksikan peningkatan signifikan dalam jumlah dompet shark dan whale yang mengumpulkan setidaknya 10 Bitcoin. Selama 20 bulan terakhir, tren akumulasi dompet yang lebih besar ini telah meningkat, menghasilkan tambahan 11.806 alamat yang melewati ambang batas ini. Ini menunjukkan peningkatan total sebesar 8,12% dalam jumlah pemegang dompet semacam itu, menunjukkan kepercayaan yang kuat di antara pemegang besar terhadap potensi aset digital ini.

Meski whale Bitcoin dan Ethereum menunjukkan perilaku yang berbeda, keduanya tetap optimis terhadap masa depan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.