Peretas HTX Mengembalikan Dana yang Dicuri ke Bursa

Peretas HTX Mengembalikan Dana yang Dicuri ke Bursa

Peretas yang berhasil mencuri hampir 5.000 ETH dari bursa crypto HTX bulan lalu telah mengembalikan dana yang dicuri tersebut. Dipastikan oleh penasihat HTX Justin Sun bahwa dana tersebut sudah kembali. Bahkan HTX telah memberikan peretas bonus “whitehat” sebesar 250 ETH (sekitar $400.000).

Sebagai informasi, pada 24 September, bursa crypto HTX mengalami eksploitasi, di mana dana sekitar 5.000 ETH berhasil dicuri oleh peretas. Namun, berdasarkan data on-chain, dana tersebut dikembalikan oleh peretas pada hari Sabtu. Dana kembali dalam dua transaksi, yakni sekitar 4.000 ETH dan 1.000 ETH.

Justin Sun, pendiri Tron dan juga penasihat HTX memastikan pengembalian dana tersebut melalui X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), “Kami telah memastikan bahwa peretas telah sepenuhnya mengembalikan semua dana sesuai janji, dan kami juga telah memberikan bonus whitehat sebesar 250 ETH kepada peretas. Peretas telah membuat pilihan yang benar. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di industri ini atas bantuannya,”

Dalam pesan on-chain saat mengembalikan dana, peretas menulis, “Saya sudah menerima pesan Anda. Bonus white hat untuk 0x1Fc8674A51D6b97C968BE384337519CE7003152B. Kunci pribadi dompet sistem Anda bocor, Anda harus mengganti alamat dompet sistem dan mengurangi tingkat dompet sistem,”

Menindaklanjuti peretasan bulan lalu, Sun memastikan HTX kehilangan sekitar 5.000 ETH ($8 juta). Sun mencatat bahwa jumlah yang dicuri relatif kecil dibandingkan dengan $3 miliar aset yang dipegang oleh pengguna dan setara dengan sekitar dua minggu pendapatan HTX. Namun, ia menekankan bahwa HTX bersedia menawarkan 5% ($400.000) dari jumlah yang dicuri sebagai hadiah untuk pengembalian dana.

Sun juga menambahkan bahwa ketidakmampuan untuk mengembalikan dana dalam jangka waktu tujuh hari akan mendorong perusahaan untuk mendekati penegakan hukum.

Baca juga: Stars Arena Mengamankan Dana untuk Menutup Kerugian dari Serangan

Referensi: