Peretas FTX Memindahkan $36,8 Juta ETH Ketika Sidang SBF Berlangsung!

author:

Peretas FTX Memindahkan $36,8 Juta ETH Ketika Sidang SBF Berlangsung!

Dalam era digital yang semakin maju, kontroversi terbaru melibatkan Sam Bankman-Fried (SBF), CEO FTX, yang saat ini sedang berada di pengadilan. Dompet crypto yang dikaitkan dengan pelaku eksploitasi FTX telah mentransfer sekitar $36,8 juta dalam Ethereum (ETH) dalam 24 jam terakhir, di tengah berlangsungnya sidang pengadilan mantan CEO bursa crypto yang telah bangkrut.

Konteks Kasus FTX

Akun yang berhubungan dengan FTX dan FTX.US telah kehilangan sekitar $600 juta pada 11 November 2022, beberapa jam setelah bursa crypto tersebut mengajukan kebangkrutan Bab 11.

Baca juga: Setelah Setahun, Peretas FTX Memindahkan Lebih Dari $10 Juta dalam ETH!

Ryne Miller, penasihat hukum utama FTX, memberi tahu para pedagang tentang peretasan yang disebabkan oleh malware. Setelah hampir 10 bulan tanpa aktivitas, pelaku eksploitasi FTX mulai mentransfer dana yang dicuri, dimulai dengan transfer 10.250 ETH senilai $17,1 juta melalui empat alamat antara 30 September dan 1 Oktober 2023, data dari Spot On Chain membenarkan hal ini.

Portofolio balance dari pengeksploitasi FTX. Sumber: Rantai Spot On

Perpindahan Dana yang Dicuri

Pelaku eksploitasi awalnya memiliki 175.496 ETH ($294 juta). Namun, saldo saat ini dalam portofolio mereka telah berkurang menjadi $196,014 juta.

Sejak 30 September 2023, total 67.500 ETH telah dipindahkan dari lima dari 15 alamat dompet yang dikaitkan dengan pelaku eksploitasi FTX.

Dari jumlah tersebut, 64.948 ETH ($108 juta) ditransfer melalui router THORchain dan 52 ETH (senilai $84.000) ke kontrak Railgun. Sisanya 2.500 ETH ($4,19 juta) ditukar dengan Bitcoin (tBTC).

Sidang SBF Sedang Berlangsung

Sam bankman ftx
Sumber: Forkast News

Sidang SBF terkait dengan kegagalan FTX dimulai pada 3 Oktober 2023. Pengusaha tersebut telah menyangkal semua tuduhan penipuan dan pencucian uang sebanyak tujuh kali. Pada hari kedua persidangan, Departemen Kehakiman dan tim pembela SBF memberikan pernyataan mereka di depan juri.

Baca juga: CEO Binance CZ Tolak Permintaan $40 Juta dari Mantan CEO FTX SBF, Apa Alasannya?

Sementara Departemen Kehakiman terus berfokus pada argumen tentang peran SBF yang diduga menyesatkan investor di platform, pembela berargumen tentang Bankman-Fried sebagai pengusaha muda yang membuat keputusan bisnis yang “tidak berhasil.”

Kasus ini menjadi sorotan dunia crypto dan menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak. Bagaimana hasil akhir persidangan ini akan sangat menentukan masa depan industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: