Peretas Bocorkan Kode Dompet Bitcoin Negara El Salvador, Apa Tujuannya?

Peretas Bocorkan Kode Dompet Bitcoin Negara El Salvador, Apa Tujuannya?

Jakarta, Pintu News – Dompet Bitcoin (BTC) milik pemerintah El Salvador, Chivo, kembali menjadi sorotan setelah peretas membocorkan informasi sensitif lainnya yang terkait dengan dompet tersebut. Kelompok peretas yang dikenal sebagai CiberInteligenciaSV merilis sebagian kode sumber di forum kejahatan peretasan topi hitam BreachForums pada tanggal 23 April. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peretasan Dompet Chivo

peretasan dompet chivo
Sumber: BreachForums

CiberInteligenciaSV membocorkan kode sumber dan kredensial akses VPN dari jaringan ATM Chivo Wallet. Hal ini menyusul serangkaian peristiwa terkait peretasan Chivo, termasuk paparan publik data pribadi 5,1 juta warga Salvador — atau hampir seluruh populasi orang dewasa di negara tersebut.

Proyek keamanan siber lokal VenariX memperingatkan publik tentang kebocoran yang akan datang melalui X pada tanggal 22 April. Mereka merujuk pada saluran Telegram CiberInteligenciaSV, yang memposting tentang rencana untuk merilis kode sumber.

Baca Juga: Setia pada Bitcoin, El Salvador Rencanakan Obligasi Berbasis Bitcoin dan Kota Bitcoin!

Dampak Kebocoran Data

dompet smart contract
Generated by Ai

Kebocoran kode dan detail VPN dari sumber tersebut menimbulkan ancaman besar terhadap integritas sistem dompet Chivo, memungkinkan peretas untuk mengambil kendali atau mendapatkan akses tidak sah ke akun pengguna.

Hampir seluruh populasi orang dewasa El Salvador terpengaruh oleh kekhususan data pribadi yang diekspos sebelumnya, yang menyebabkan ketakutan akan kemungkinan pencurian identitas dan penipuan di antara penduduk.

Para ahli keamanan mengkritik pelanggaran ini dan menyarankan pengguna untuk waspada dan memantau akun mereka jika ada tanda-tanda perilaku aneh. Implikasi bahwa ketidakmampuan ekosistem keuangan El Salvador dapat mengalami pukulan yang signifikan juga cukup besar, karena kepercayaan terhadap solusi digital yang disediakan pemerintah dapat berkurang.

Baca Juga: Kabar Gembira, El Salvador Hapus Pajak Penghasilan untuk Investasi Asing!

Tanggapan Pemerintah El Salvador

Pemerintah Salvador belum secara resmi menanggapi pelanggaran tersebut. Kebungkaman ini menyebabkan kekhawatiran yang lebih besar di antara publik dan pengamat mengenai langkah-langkah yang telah dilaksanakan untuk melindungi informasi rahasia.

Dompet Chivo diluncurkan pada bulan September 2021 sejalan dengan rencana revolusioner El Salvador untuk melegalkan Bitcoin sebagai mata uang resmi guna mendorong inklusi keuangan dan mengurangi ketergantungan pada sistem perbankan tradisional.

Kesimpulan

Peretasan dompet Bitcoin Chivo di El Salvador menjadi sorotan setelah peretas membocorkan kode sumber dan kredensial akses VPN. Kebocoran data ini menimbulkan ancaman besar terhadap integritas sistem dompet Chivo dan dapat menyebabkan pencurian identitas serta penipuan. Pemerintah Salvador belum secara resmi menanggapi pelanggaran tersebut, yang menyebabkan kekhawatiran di antara publik dan pengamat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi