Perdagangan Crypto OTC: Cara Kerja dan Manfaatnya

Perdagangan Crypto OTC: Cara Kerja dan Manfaatnya

Perdagangan crypto OTC (over-the-counter) adalah perdagangan mata uang crypto secara langsung antara dua pihak di luar bursa yang telah ditetapkan. Perdagangan crypto OTC dilakukan melalui perantara yang disebut perusahaan pialang crypto OTC, berbeda dengan perdagangan di platform terpusat.

Perdagangan OTC populer karena memungkinkan privasi yang lebih baik daripada bursa publik karena transaksi dilakukan secara langsung antara pembeli dan penjual tanpa menggunakan buku pesanan.

Pasar OTC menawarkan likuiditas yang tinggi, memfasilitasi transaksi besar tanpa penurunan harga yang berarti. Namun, perdagangan crypto OTC memiliki risiko seperti risiko rekanan dan potensi perbedaan harga dari harga yang dipublikasikan.

Cara Kerja Perdagangan Crypto OTC

Dalam perdagangan crypto OTC, pembeli dan penjual bertransaksi secara langsung, menghilangkan bursa crypto konvensional. Seorang pialang biasanya bertindak sebagai perantara dalam transaksi, menghubungkan pembeli dan penjual sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Transaksi OTC lebih bersifat pribadi daripada perdagangan bursa karena tidak dimasukkan ke dalam buku pesanan publik. Perdagangan OTC populer di kalangan individu dengan kekayaan bersih tinggi dan investor institusional karena dapat mengelola transaksi yang signifikan tanpa mempengaruhi harga pasar crypto.

Baca Juga: Halving Bitcoin Mendatang: Ancaman Sentralisasi dan Peringatan bagi Investor Baru!

Perdagangan OTC menawarkan manfaat seperti fleksibilitas dan kerahasiaan tetapi juga menimbulkan risiko seperti volatilitas harga dan gagal bayar rekanan.

Strategi Perdagangan Crypto OTC

Strategi perdagangan OTC untuk mata uang crypto mencakup teknik-teknik seperti pembuatan pasar, arbitrase, dan perdagangan algoritmik. Pedagang menggunakan strategi diversifikasi portofolio dan lindung nilai untuk mengurangi volatilitas pasar. Selain itu, pengaturan waktu yang strategis dan manajemen risiko sangat penting untuk keberhasilan taktik perdagangan OTC.

Perbedaan Perdagangan Crypto OTC dan Bursa

crypto naik hari ini
Generated by AI

Ada dua pendekatan utama untuk memperdagangkan mata uang crypto: perdagangan berbasis bursa dan perdagangan over-the-counter (OTC). Investor institusional sering menggunakan perdagangan OTC untuk perdagangan besar karena anonimitas dan fleksibilitasnya, sementara perdagangan berbasis bursa menawarkan transparansi tetapi privasi yang lebih sedikit.

Harga transaksi OTC dapat menyimpang dari nilai tukar karena negosiasi, tetapi perdagangan berbasis bursa menyediakan eksekusi instan pada harga pasar saat ini.

Manfaat Perdagangan Crypto OTC

Perdagangan crypto OTC menawarkan privasi, likuiditas, dan fleksibilitas, menjadikannya pengganti yang berharga untuk bursa konvensional. Transaksi OTC dilakukan secara langsung antara pihak-pihak, menawarkan tingkat kerahasiaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan perdagangan berbasis bursa.

Pasar OTC biasanya memiliki lebih banyak likuiditas, memungkinkan perdagangan besar dengan penurunan harga yang minimal. Namun, pasar OTC kurang transparan dibandingkan bursa tradisional, meningkatkan risiko manipulasi harga dan aktivitas penipuan.

Pertimbangan Regulasi dalam Perdagangan Crypto OTC

Kepatuhan terhadap protokol KYC dan AML sangat penting dalam perdagangan mata uang crypto over-the-counter untuk menavigasi kompleksitas peraturan dan mengurangi risiko. Pelaku perdagangan OTC harus mengelola pertimbangan peraturan untuk menjaga kepatuhan dan mengurangi risiko.

Regulator di seluruh dunia memantau aktivitas OTC untuk mencegah tindakan ilegal seperti penipuan dan pencucian uang. Kepatuhan terhadap kerangka peraturan seperti mandat KYC dan AML sangat penting bagi para peserta dalam ekosistem perdagangan crypto OTC untuk mempromosikan legitimasi, kepercayaan, dan keterbukaan.

Baca Juga: Web3 Kehilangan Lebih dari $200 Juta Akibat Peretasan di Awal Tahun 2024, Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

  • Cointelegraph. Crypto OTC Trading. Diakses pada tanggal 2 Maret 2024
  • Unchained Crypto. Crypto OTC Desks. Diakses pada tanggal 2 Maret 2024
  • Featured Image: Generated by AI