Perbedaan VR, AR, MR, dan Metaverse: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Perbedaan VR, AR, MR, dan Metaverse: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, banyak istilah yang muncul dan menjadi topik hangat di kalangan penggemar teknologi. VR, AR, MR, dan Metaverse adalah beberapa istilah yang sering kita dengar, tetapi apakah kita benar-benar memahami perbedaannya? Yuk ketahui perbedaan VR, AR, MR, dan Metaverse pada berita berikut ini!

Apa itu Virtual Reality (VR)?

virtual reality
Sumber: Adatis

Virtual Reality (VR) adalah lingkungan digital yang sepenuhnya mendalam. Dalam VR, pengguna terputus dari dunia nyata dan sepenuhnya tenggelam dalam dunia digital melalui penggunaan headset VR seperti Meta Quest 2 atau Pico 4.

VR sering dikaitkan dengan dunia permainan dan platform sosial. Beberapa judul populer termasuk ‘Horizon Worlds’, ‘Second Life’, ‘Zenith’, dan ‘VRChat’. Meskipun banyak yang menganggap Metaverse sebagai pengalaman VR murni, kenyataannya lebih kompleks dengan kombinasi VR, AR, dan MR.

Baca Juga: Top 5 Kota Metaverse di Dunia, Ada dari Indonesia Juga!

Apa itu Augmented Reality (AR)?

Augmented Reality (AR) adalah lingkungan dunia nyata yang menambahkan elemen digital. Contohnya termasuk hologram Princes Leia dari ‘Star Wars’ atau game ‘Pokémon Go’.

AR dapat ditampilkan pada interface khusus, seperti Google Glass, atau melalui ponsel kita. Aplikasi AR dapat merevolusi cara kita berbelanja dengan menampilkan pakaian atau furnitur dalam lingkungan kita sebelum membeli. Meskipun AR menambahkan elemen digital ke dunia nyata, tidak ada interaksi sebenarnya antara kedua elemen tersebut.

Apa itu Mixed Reality (MR)?

Mixed Reality (MR) adalah evolusi dari AR, di mana tidak hanya ada superimposisi elemen digital ke dunia nyata, tetapi juga interaksi antara keduanya.

MR adalah kombinasi dari VR dan AR, menciptakan lingkungan di mana elemen dunia nyata dan digital dapat berinteraksi satu sama lain. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif, menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia.

Baca Juga: Konferensi Metaverse Spectrum 2023: Membuka Peluang Bisnis di Metaverse, AI, dan Komputasi Spasial

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia simulasi yang persisten dan mendalam yang dapat dialami oleh banyak pengguna secara bersamaan, memberikan rasa kehadiran bersama.

Istilah ini memiliki akar dalam fiksi ilmiah dan baru-baru ini menjadi populer dengan dukungan dari perusahaan besar seperti Facebook. Metaverse dapat sepenuhnya virtual atau dapat ada sebagai lapisan konten virtual yang diletakkan di atas dunia nyata, menciptakan pengalaman yang lebih kaya dan mendalam.

Kesimpulan

Dalam era teknologi yang terus berkembang, pemahaman tentang VR, AR, MR, dan Metaverse menjadi semakin penting. Jadi, apa perbedaan VR, AR, MR, dan Metaverse?

VR menawarkan pengalaman digital yang sepenuhnya mendalam, memisahkan pengguna dari dunia nyata. AR, di sisi lain, menambahkan lapisan digital ke dunia nyata tanpa interaksi sebenarnya antara keduanya. MR menggabungkan elemen-elemen dari keduanya, memungkinkan interaksi antara dunia digital dan nyata. Sementara Metaverse, sebagai konsep yang lebih luas, menciptakan dunia simulasi yang mendalam dan persisten, di mana banyak pengguna dapat berinteraksi dalam lingkungan yang kaya dan mendalam.

Kesemua teknologi ini membuka pintu ke masa depan digital yang lebih interaktif dan mendebarkan, mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: