Perang Teknologi Blockchain: Celestia dan Avail Bersaing Sengit!

Perang Teknologi Blockchain: Celestia dan Avail Bersaing Sengit!

Dua raksasa dalam teknologi blockchain, Celestia dan Avail, saat ini tengah menjadi sorotan. Mereka berdua berkompetisi untuk menjadi penyedia terdepan dalam hal ‘data availability’ bagi jaringan Ethereum dan blockchain lainnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peluncuran Mainnet dan Token TIA oleh Celestia

celestia
Sumber: Token Insight

Celestia, sebuah jaringan blockchain modular, baru-baru ini telah meluncurkan mainnet beta mereka pada akhir Oktober. Peluncuran ini menandai permulaan era baru dalam dunia blockchain modular.

Token asli Celestia, TIA, mulai diperdagangkan pada hari yang sama dan dengan cepat menjadi pembicaraan di berbagai platform media sosial dan crypto. TIA memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem Celestia.

Pengembang di Celestia menggunakan TIA untuk membayar biaya saat melakukan transaksi Pay-for-Blobs. Selain itu, TIA juga berperan penting dalam menjaga keamanan jaringan, berpartisipasi dalam tata kelola, dan mendapatkan akses ke berbagai layanan dalam platform Celestia.

Baca Juga: Celestia dan Arbitrum Orbit: Kolaborasi Baru yang Mengubah Lanskap Blockchain

Avail, Kompetitor Celestia dalam Menyediakan Solusi ‘Data Availability’

avail project
Sumber: Stakin

Di sisi lain, Avail, solusi ‘data availability’ blockchain modular yang menjadi kompetitor Celestia, juga tidak mau kalah. Avail baru saja mengumumkan peluncuran ‘Incentivized Testnet’ mereka.

Program ini dirancang untuk memberikan insentif kepada validator dan operator lainnya untuk mencoba menemukan kelemahan dalam pemrograman dasar. Avail, yang didirikan oleh Anurag Arjun, salah satu pendiri Polygon, telah merilis jaringan uji coba tahun ini dalam persiapan peluncuran utama mereka, yang diharapkan pada awal 2024.

Program insentif baru ini menandai “langkah besar menuju Mainnet,” kata perusahaan tersebut.

Baca Juga: Era Baru Blockchain Telah Tiba: Celestia Luncurkan Mainnet dengan Airdrop Jutaan Token!

Pengaruh Celestia dan Avail pada Ekosistem Blockchain

Celestia dan Avail sama-sama berusaha untuk memberikan solusi bagi jaringan blockchain utama seperti Ethereum. Mereka berdua berupaya untuk mengurangi beban jaringan utama yang harus terus menerus menangani permintaan data untuk transaksi historis.

Dengan kehadiran Celestia dan Avail, diharapkan pengguna dan pengembang dapat berinteraksi dengan jaringan tanpa harus mengunduh data blockchain secara keseluruhan. Ini tentunya akan membuka peluang baru dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi blockchain.

Dalam perlombaan teknologi blockchain, Celestia dan Avail menunjukkan bahwa inovasi dan kompetisi dapat berjalan beriringan. Mereka berdua berupaya memberikan solusi terbaik bagi pengguna dan pengembang, dan ini tentunya akan berdampak positif pada perkembangan ekosistem blockchain secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: