Invesco dan WisdomTree Memicu Pertarungan Biaya ETF Bitcoin Eropa!

author:

Invesco dan WisdomTree Memicu Pertarungan Biaya ETF Bitcoin Eropa!

Pasar crypto Eropa baru-baru ini dikejutkan dengan perang tarif produk keuangan yang terkait dengan Bitcoin. Invesco dan WisdomTree, dua raksasa layanan keuangan, telah memangkas biaya produk Exchange-Traded Products (ETP) mereka secara signifikan.

Langkah ini merupakan respons terhadap persaingan yang memanas di Amerika Serikat, di mana ETF Bitcoin spot baru saja mendapatkan lampu hijau dari SEC.

Perang Tarif di Pasar Eropa

Invesco dan WisdomTree telah memulai perang tarif di pasar Eropa dengan memotong biaya ETP Bitcoin mereka lebih dari 60%. Invesco menurunkan biaya ETP Bitcoin Fisiknya dari 0,99% menjadi 0,39%, sementara WisdomTree mengurangi biaya ETP Bitcoin Fisiknya dari 0,95% menjadi 0,35%. Ini merupakan langkah strategis untuk tetap kompetitif di pasar yang semakin ramai dengan produk serupa.

Baca juga: Heboh! ETF Bitcoin Alami Pasang Surut, Siapa Juaranya?

Kedua perusahaan bereaksi terhadap persaingan yang meningkat setelah SEC AS menyetujui beberapa ETF Bitcoin spot. Keputusan ini telah mengubah dinamika pasar, dengan banyak investor AS yang sebelumnya bergantung pada produk Kanada atau Eropa kini memiliki opsi domestik.

Gary Buxton dari Invesco menekankan bahwa penurunan harga di AS telah menciptakan tekanan untuk menyesuaikan harga di Eropa.

Strategi Penetapan Harga dan Dampaknya

Penurunan biaya ini tidak hanya tentang persaingan, tetapi juga tentang menarik aset di bawah manajemen yang lebih besar. Dengan biaya yang lebih rendah, Invesco dan WisdomTree berharap dapat menarik investor institusional dan profesional di Eropa. Strategi penetapan harga ini juga mencerminkan upaya untuk memposisikan crypto sebagai aset yang layak dalam portofolio klien.

Baca juga: ETF Sebagai Jalan Baru untuk Investasi Bitcoin: Potensi Transformasi Pasar Keuangan!

Di sisi lain, investor juga harus mempertimbangkan likuiditas, pajak, dan pengaturan penyimpanan saat memilih produk. ETF yang terdaftar di AS mungkin lebih likuid dan menarik bagi investor Eropa karena pasar yang lebih besar dan konsolidasi bursa. Ini menunjukkan bahwa perang tarif tidak hanya tentang biaya, tetapi juga tentang nilai keseluruhan yang ditawarkan kepada investor.

Pada akhirnya, perang tarif ETF Bitcoin di Eropa telah membuka babak baru dalam evolusi pasar crypto. Dengan penurunan biaya yang signifikan dari Invesco dan WisdomTree, investor kini memiliki lebih banyak pilihan dengan biaya yang lebih kompetitif.

Hal ini menandakan era baru di mana crypto semakin diterima sebagai bagian dari diversifikasi portofolio investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: