Terkuak! Penutupan Mogok Kerja Aktor Hollywood, Teknologi AI Bakal Ambil Alih?

Terkuak! Penutupan Mogok Kerja Aktor Hollywood, Teknologi AI Bakal Ambil Alih?

Setelah berlangsung selama 118 hari, mogok kerja aktor Hollywood yang diselenggarakan oleh SAG-AFTRA akhirnya mencapai titik akhir. Namun, keputusan ini memicu berbagai tanggapan di industri perfilman. Apa yang sebenarnya berlangsung? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perjanjian Baru, Tanggapan yang Beragam

sag aftra pamflet
Pamflet digital panduan AI SAG-AFTRA. Sumber: SAG-AFTRA

Mogok kerja yang diorganisir oleh Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) berakhir pada tanggal 9 November. Perjanjian baru telah disepakati, termasuk penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam industri film.

Namun, tidak semua pihak dalam industri ini mendukung langkah ini. Perjanjian AI ini diharapkan berlaku 90 hari setelah disahkan.

Termasuk di dalamnya adalah definisi AI dalam terminologi industri, replikasi digital aktor dan aktor pendukung, perubahan digital, dan pembentukan pertemuan semi-tahunan antara serikat dan produser tentang penggunaan AI generatif.

Baca Juga: Goldman Sachs dan AI Generatif: Membuka Tabir Proyek Rahasia di Balik Layar!

Aktor Digital dan Perlindungan Aktor Pendukung

aktor digital
Sumber: Akun X Rainn Wilson

Perjanjian ini mendefinisikan dan menetapkan batasan untuk pembuatan, penggunaan, dan perubahan “replika digital” dari aktor. Replika digital ini adalah salinan suara atau kemiripan aktor untuk “menggambarkan aktor dalam fotografi atau soundtrack di mana aktor tersebut tidak benar-benar tampil.”

Perjanjian ini juga melindungi aktor pendukung dari potensi penggantian. Perjanjian ini menekankan bahwa persetujuan yang jelas dan “menyolok” dari aktor, baik utama atau pendukung, diperlukan selama proses replikasi, baik untuk penggunaannya dalam produksi yang dibuat dan untuk penggunaan masa depan.

Baca Juga: Didukung Nvidia, Bitdeer Siap Luncurkan AI Cloud pada Kuartal Pertama 2024

Dampak Mogok Kerja dan Masa Depan Industri Film

Mogok kerja ini telah berdampak besar pada jadwal TV musim gugur, penundaan beberapa acara dan film, dan penurunan pendapatan bagi beberapa studio. Namun, dampak sebenarnya dari mogok kerja ini akan terlihat dari perjanjian yang telah disepakati.

Meski begitu, banyak pihak di Hollywood, khususnya anggota SAG-AFTRA, yang fokus untuk kembali bekerja. Industri film Amerika sedang berjuang untuk pulih dari berbagai masalah, mulai dari keputusan finansial yang buruk, penundaan akibat Covid, hingga perjuangan eksistensial.

Meski mogok kerja telah berakhir, namun tantangan yang dihadapi industri film Hollywood masih jauh dari selesai. Bagaimana perjanjian baru ini akan mempengaruhi masa depan industri ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: