Kontroversi Besar di Industri Crypto: Penutupan Genesis Global Trading!

Kontroversi Besar di Industri Crypto: Penutupan Genesis Global Trading!

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan berita penutupan Genesis Global Trading di New York. Langkah ini diambil setelah perusahaan tersebut mencapai kesepakatan dengan New York Department of Financial Services (NYDFS) dan terkena sanksi denda sejumlah $8 juta. Apa pengaruh dari peristiwa ini terhadap sektor crypto dan apa pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini?

Sanksi Berat dan Penghentian Kegiatan

Genesis Global Trading telah menyetujui untuk membayar denda sebesar $8 juta kepada otoritas keuangan di New York. Penyelesaian ini merupakan akibat dari penyelidikan yang mendalam yang mengungkap adanya kelemahan besar dalam sistem anti pencucian uang dan proteksi siber yang dimiliki perusahaan.

Genesis juga diwajibkan untuk menyerahkan BitLicense mereka, sebuah izin penting yang memungkinkan operasi crypto di New York. Adrienne Harris, Superintendent NYDFS, menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap aturan regulasi.

Harris menyatakan bahwa,

“Kegagalan Genesis Global Trading dalam mempertahankan program kepatuhan yang berfungsi menunjukkan ketidakpedulian mereka terhadap persyaratan regulasi Departemen dan memaparkan perusahaan serta pelanggannya pada potensi ancaman.”

Baca Juga: Terjungkal dari Puncak, WeWork Terjerat Hutang dan Bangkrut!

Krisis Finansial dan Gugatan Hukum

Genesis
Sumber: CoinGape

Di sisi lain, Genesis Global Capital, yang merupakan bagian dari Genesis Global Trading, juga tengah menghadapi proses kebangkrutan. Digital Currency Group (DCG), yang merupakan perusahaan induk dari kedua entitas, dituding belum melunasi hutang pinjamannya kepada Genesis.

Sebuah konsorsium pemberi pinjaman menuduh DCG tidak memenuhi kewajiban pembayaran hutang, meskipun telah mengklaim sebaliknya.

Pada bulan Oktober yang lalu, Jaksa Agung New York juga mengajukan gugatan hukum terhadap Genesis Global Capital, Gemini, dan Digital Currency Group. Gugatan tersebut menuduh adanya penipuan dalam program Gemini Earn, dengan menuduh mereka mengelabui investor.

Baca Juga: WOO Network Beli Kembali Saham dan Token dari 3AC yang Bangkrut

Dampak bagi Sektor Crypto

Penutupan Genesis di New York dan denda yang dikenakan mengirimkan pesan tegas kepada sektor crypto tentang pentingnya mematuhi regulasi. Ini juga menunjukkan bahwa otoritas keuangan tidak akan ragu untuk bertindak keras terhadap perusahaan yang melanggar aturan.

Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi perusahaan crypto lainnya untuk meningkatkan fokus pada kepatuhan dan keamanan. Insiden dengan Genesis juga menyoroti kerapuhan industri crypto terkait isu kepatuhan dan regulasi. Ini menjadi peringatan bagi investor untuk lebih cermat dalam memilih platform investasi crypto dan memahami risiko yang terlibat.

Kesimpulan

Peristiwa yang menimpa Genesis Global Trading menjadi pembelajaran penting bagi industri crypto dan investor. Insiden ini mengingatkan kita bahwa kepatuhan terhadap regulasi bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi juga merupakan bentuk perlindungan bagi perusahaan dan konsumennya. Dengan peningkatan pengawasan dari regulator, masa depan crypto akan sangat tergantung pada kepatuhan dan transparansi hukum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi