Laporan Terbaru Ungkap Pasar Crypto Alami Penurunan 10% di Kuartal Ketiga 2023

author:

Laporan Terbaru Ungkap Pasar Crypto Alami Penurunan 10% di Kuartal Ketiga 2023

Pasar crypto global mengalami penurunan sebesar 10% pada kuartal ketiga tahun 2023 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Laporan terbaru dari CoinGecko menunjukkan penurunan volume perdagangan spot di bursa terpusat sebesar 20,1% dari kuartal sebelumnya.

Penurunan Kapitalisasi Pasar dan Volume Perdagangan

pasar crypto 2023
Sumber: CoinGecko

Menurut laporan industri crypto Q3 2023 CoinGecko, kapitalisasi pasar crypto secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 10%, atau total $119 miliar, pada kuartal ketiga tahun ini dari kuartal sebelumnya.

Baca juga: BlackRock Mengguncang Dunia dengan ETF Bitcoin di Nasdaq! 

Volume perdagangan spot di bursa terpusat juga mengalami penurunan sebesar 20,1% selama periode tersebut. Kapitalisasi pasar stablecoin utama juga turun secara sebesar 3,8%.

“USDC mengalami kerugian absolut terbesar sebesar -$2,26 miliar, sementara BUSD mengalami penurunan persentase terbesar sebesar -45,3%, dengan penurunan sebesar -$1,87 miliar,” kata CoinGecko.

Perubahan Peringkat Kapitalisasi Pasar dan Likuidasi Pertengahan Agustus

Lebih lanjut, laporan tersebut menyoroti perubahan signifikan dalam peringkat kapitalisasi pasar. Selama Q3, Solana naik dari posisi ke-10 ke posisi ke-7. TrueUSD juga membuat kemajuan, bergerak dari posisi ke-23 ke posisi ke-19.

Sebaliknya, Litecoin turun dari posisi ke-9 ke posisi ke-14, dan BUSD mengalami penurunan lebih lanjut dari posisi ke-18 ke posisi ke-27.

Laporan tersebut juga menyoroti tanggal 17 Agustus 2023 sebagai hari yang “membagi Q3 yang relatif lambat menjadi dua bagian.” Pada tanggal tersebut, nilai Bitcoin jatuh dari sekitar $29,000 menjadi sekitar $26,000, dengan peristiwa likuidasi menyebabkan lebih dari $821 juta posisi long dihapus dalam 24 jam.

Meskipun tiga bulan tersebut cukup sibuk, pasar crypto tidak menunjukkan momentum apa pun, demikian kesimpulan analis dalam laporan tersebut. Namun, CoinGecko tetap optimis dengan melihat tanda-tanda bahwa TradFi dan DeFi semakin dekat.

Baca juga: Bitcoin Mencapai Puncak Tahunan, Apakah Mata Uang Crypto Lainnya Akan Mengikuti Jejaknya?

Volume Trading NFT Merosot 55,6%

volume trading nft 2023
Sumber: CoinGecko

Selanjutnya, volume perdagangan NFT juga mengalami penurunan sekitar 55,6%, dari $3,67 miliar pada Q2 2023 menjadi $1,63 miliar pada Q3 2023.

Meskipun volume perdagangan berkurang, Ethereum mempertahankan dominasinya sebesar 83,2% dari pasar NFT di Q3. Sementara itu, Bitcoin berhasil merebut 5.6% pangsa pasar selama periode yang sama. Dominasinya telah berkurang dari puncaknya di bulan Mei, dan hanya sedikit pulih di bulan September 2023.

Sebaliknya, NFT ImmutableX memiliki Q3 yang kuat, dengan volume perdagangan bulanan rata-rata di atas $20 juta. Pangsa pasarnya meningkat dari 2,1% di Q2, menjadi 3,9% di Q3. Hal ini dapat dikaitkan dengan permainan kartu perdagangan Gods Unchained, yang diluncurkan di Epic Games Store pada bulan Juni dan diluncurkan di pasar dalam game pada bulan Agustus.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: