Penurunan Nilai Dolar AS Berpotensi Picu Kenaikan Harga Bitcoin (BTC)? Ini Penjelasannya!

Penurunan Nilai Dolar AS Berpotensi Picu Kenaikan Harga Bitcoin (BTC)? Ini Penjelasannya!

Di era digital yang semakin maju, mata uang crypto seperti Bitcoin, Ethereum, dan XRP mendapatkan perhatian yang cukup besar. Meski sempat mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2023, kini tren tersebut mulai melambat

Namun, studi terkini menunjukkan bahwa penurunan nilai Dolar AS dapat memicu lonjakan harga Bitcoin dan mata uang crypto lainnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Dolar dan Lonjakan Harga Bitcoin

penurunan dolar dan lonjakan bitcoin
Sumber: CNN

Bitcoin, Ethereum, dan XRP telah kehilangan momentum setelah mengalami peningkatan pada tahun 2023. Harga Bitcoin telah menurun sekitar 60% sejak mencapai puncaknya hampir $70,000 per Bitcoin pada akhir 2021, mengurangi sekitar $2 triliun dari harga Ethereum, XRP, dan pasar crypto lainnya.

Saat ini, Federal Reserve sedang berjuang dengan “spiral kematian hutang” AS sebesar $33 triliun. Analis dari Jefferies memprediksi bahwa Fed mungkin akan dipaksa untuk menghidupkan kembali mesin pencetak uangnya, yang berpotensi merusak Dolar AS dan memicu lonjakan harga Bitcoin yang dapat bersaing dengan emas.

Para analis telah mengidentifikasi Bitcoin sebagai “lindung nilai penting” terhadap inflasi Dolar AS dan ekspansi neraca Federal Reserve, memperkirakan bahwa harga Bitcoin dan emas akan meningkat.

“Bank sentral G7, termasuk yang paling penting Federal Reserve, tidak akan dapat mengakhiri kebijakan moneter tidak konvensional dengan cara yang baik dan pada akhirnya akan tetap berkomitmen untuk ekspansi neraca bank sentral dalam satu bentuk atau lainnya,” tulis Christopher Wood, kepala strategi ekuitas global di Jefferies, dalam catatan kepada klien yang dilihat oleh CNBC, menyebut Bitcoin dan emas sebagai “lindung nilai penting” terhadap inflasi yang mungkin kembali.

Baca Juga: Terobosan Baru dalam Dunia Crypto: Bitcoin Kini Bisa Melakukan Smart Contract Seperti Ethereum!

Bitcoin: Investasi Alternatif yang Menarik

bitcoin lindung nilai
Sumber: CNBC

Wood memprediksi bahwa Fed mungkin dipaksa untuk berbalik dovish di tengah resesi AS karena penundaan yang lebih besar dari biasanya dalam kenaikan suku bunga Fed yang mengurangi inflasi setelah ledakan pasokan uang melalui 2020 dan 2021.

“Kegagalan untuk mengakhiri kebijakan moneter tidak konvensional dengan cara yang baik kemungkinan akan berakhir dengan runtuhnya standar kertas Dolar AS untuk keuntungan pemilik emas dan juga pemilik Bitcoin,” tulis Wood.

Sementara itu, Bitcoin – dan dalam tingkat yang lebih rendah mata uang crypto besar lainnya seperti Ethereum dan XRP – telah melihat peningkatan minat institusional yang signifikan, dipimpin oleh manajer aset terbesar di dunia BlackRock.

“Bitcoin sekarang telah menjadi investasi untuk institusi, dengan pengaturan custodian untuk aset digital, dan mewakili alternatif penyimpanan nilai terhadap emas,” tulis Wood. Pada bulan Juni, BlackRock memicu lonjakan Wall Street menuju Bitcoin dan crypto, dengan CEO legendarisnya Larry Fink berbalik bullish pada Bitcoin setelah bertahun-tahun skeptis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: