Pemisahan Jelas Antara Bitcoin dan Ethereum, ETF Ethereum di Cakrawala?

Pemisahan Jelas Antara Bitcoin dan Ethereum, ETF Ethereum di Cakrawala?

Bisakah Anda percaya ini? Dua raksasa crypto, Bitcoin dan Ethereum, tampaknya sedang mengalami perpecahan. Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, korelasi antara dua mata uang digital terkemuka ini telah merosot ke bawah angka 70%. Kejadian ini memicu berbagai spekulasi dan harapan di kalangan investor crypto, terutama berkaitan dengan kemungkinan peluncuran ETF Ethereum yang telah lama dinantikan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Korelasi Menurun, Apa Artinya?

korelasi bitcoin dan ethereum etf
Korelasi Bitcoin dengan Ethereum. Sumber: Kaiko Research.

Berdasarkan data dari Kaiko Research, korelasi 60 hari antara Bitcoin dan Ethereum telah mencapai level terendahnya sejak tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa kedua aset crypto ini kini bergerak dengan pola yang kurang sinkron dibandingkan masa-masa sebelumnya.

Penurunan korelasi di bawah 70% mengindikasikan bahwa pergerakan harga kedua aset tersebut mulai berbeda. Korelasi yang sempurna positif memiliki nilai 1 (atau 100%), sementara nilai 0 (atau 0%) menunjukkan tidak ada hubungan sama sekali, dan nilai -1 (atau -100%) menandai korelasi yang sempurna negatif.

Baca Juga: Apa itu ETF Ethereum?

ETF Ethereum Sebagai Katalis Kebangkitan?

Penurunan korelasi ini terjadi bersamaan dengan peluncuran ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Kini, perhatian beralih ke kemungkinan SEC akan menyetujui ETF Ethereum spot, yang dapat menjadi narasi pendorong pasar crypto selanjutnya.

Meskipun volume perdagangan Ethereum di bursa sentral telah melonjak ke puncaknya pasca-kejatuhan FTX, pasar derivatif tampaknya belum menunjukkan indikasi kuat akan adanya kenaikan.

Namun, harapan akan persetujuan ETF Ethereum spot pada bulan Mei semakin meningkat, dengan Eric Balchunas, seorang analis ETF dari Bloomberg, memperkirakan peluang persetujuan oleh SEC sebesar 70%.

Baca Juga: Prospek Persetujuan ETF Ethereum pada Mei 2024, JPMorgan Ragu?

Kemungkinan Persetujuan ETF Ethereum

Walaupun terdapat optimisme dari beberapa kalangan, analis dari bank investasi seperti TD Cowen dan JPMorgan masih skeptis terhadap kemungkinan SEC menyetujui ETF Ethereum spot dalam waktu dekat. Mereka bahkan memperkirakan peluang persetujuan di bulan Mei tidak lebih dari 50%.

Ketidakpastian masih terasa mengenai persetujuan ETF Ethereum spot, terutama mengingat pandangan ketua SEC saat ini, Gary Gensler, yang cenderung mengklasifikasikan crypto selain Bitcoin sebagai sekuritas. Namun, Jay Clayton, ketua SEC sebelumnya, pernah menyatakan bahwa beberapa token mungkin tidak dianggap sebagai sekuritas jika mereka mencapai tingkat desentralisasi yang cukup.

Kesimpulan

Dengan berbagai narasi dan spekulasi yang berkembang, komunitas crypto menunggu dengan penuh antisipasi langkah berikutnya dari SEC. Apakah Ethereum akan mengikuti langkah Bitcoin dalam hal ETF, atau apakah akan ada faktor lain yang memicu minat investor? Hanya waktu yang dapat memberikan jawaban pasti.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi