Terungkap! Kerugian Akibat Peretasan atau Serangan di Crypto Menurun Tajam hingga 53%!

author:

Terungkap! Kerugian Akibat Peretasan atau Serangan di Crypto Menurun Tajam hingga 53%!

Kabar mengejutkan datang dari laporan terbaru perusahaan keamanan blockchain Beosin, yang mengungkap penurunan tajam sebesar 53,9% dalam total kerugian akibat peretasan, penipuan phishing, dan rug pulls di tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Meskipun ini terlihat seperti kemenangan, ada peningkatan kejahatan crypto offline yang mengkhawatirkan, dengan kerugian global melonjak hingga $65,68 miliar, meningkat 377% dari tahun 2022.

Tren Keamanan Web3 di 2023

regulasi defi iosco
Sumber: Decrypt

Laporan tersebut menyoroti pergeseran dalam vektor serangan dan penargetan proyek yang lebih beragam. Proyek DeFi menjadi sasaran utama, dengan 130 serangan yang menyebabkan kerugian sekitar $408 juta.

Baca juga: XRP Ledger dan Credefi Finance Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah DeFi

Meskipun Ethereum masih menjadi blockchain yang paling sering diserang, kerugian yang dialami menunjukkan penurunan yang signifikan. Bursa crypto terpusat (CEXs) menjadi sektor kedua yang paling rentan, dengan kerugian $275 juta dari sembilan serangan. Perubahan pola serangan ini mencerminkan distribusi kerugian yang lebih merata di berbagai jenis proyek, termasuk platform pembayaran, kasino, broker crypto, dan infrastruktur.

Penurunan serangan terhadap jembatan lintas rantai, yang hanya bertanggung jawab atas 7% dari total kerugian, merupakan tren positif dari tahun sebelumnya yang mencapai 52,5%.

Serangan Teratas di 2023

Beberapa serangan signifikan yang diungkap dalam laporan termasuk pelanggaran penyedia cloud Mixin Network yang mengakibatkan kerugian $200 juta, kerugian $197 juta Euler Finance akibat kerentanan kontrak, dan pelanggaran $126 juta Poloniex yang terkait dengan kompromi kunci pribadi.

Baca juga: Nilai Total Terkunci (TVL) di DeFi Melonjak ke $52 Miliar: Kebangkitan Pasca-Kolaps FTX!

Insiden-insiden tersebut menekankan tantangan yang terus dihadapi komunitas crypto dalam melindungi aset digital mereka. Seiring berkembangnya lanskap ancaman, kewaspadaan dan langkah-langkah keamanan yang adaptif menjadi kunci untuk menavigasi ekosistem Web3 yang dinamis.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, jumlah kerugian akibat insiden peretasan juga menunjukkan penurunan yang signifikan. Pada tahun 2023, jumlah yang hilang akibat rug pulls dan penipuan phishing adalah $388 juta dan $238 juta, berturut-turut, dibandingkan dengan $425 juta dan $356 juta pada tahun 2022.

Secara keseluruhan, meskipun ada penurunan dalam statistik kerugian di dunia crypto, peningkatan kejahatan offline menjadi peringatan bagi kamu untuk tetap waspada. Keamanan di Web3 memerlukan upaya bersama dan terus-menerus untuk melindungi aset digital dari ancaman yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: