Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Eksploitasi di Dunia DeFi 2023

Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Eksploitasi di Dunia DeFi 2023

Kabar baik bagi penggemar crypto, tahun 2023 menjadi saksi penurunan signifikan dalam kerugian akibat eksploitasi di sektor Decentralized Finance (DeFi). Data terbaru menunjukkan bahwa kerugian yang diakibatkan oleh serangan hacker pada tahun ini adalah yang terendah dalam dua tahun terakhir, memberikan harapan baru bagi keamanan aset digital kamu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Kerugian DeFi Menjadi Sorotan

Tahun ini, DeFi menunjukkan peningkatan keamanan yang luar biasa dengan kerugian akibat eksploitasi yang hanya melebihi $1 miliar. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun 2022 yang mencatat kerugian hingga $53,5 miliar.

Pada tahun 2021, kerugian hampir mencapai $4 miliar, sementara tahun 2020 mencatat kerugian terendah sebesar $157,2 juta. Meskipun terjadi beberapa insiden eksploitasi besar-besaran, seperti pada SushiSwap, Bonq, dan SafeMoon, upaya cepat dalam menangani masalah telah membantu meminimalisir dampaknya.

Insiden SushiSwap pada April, misalnya, menyebabkan kerugian lebih dari $3,3 juta, namun situasi segera diatasi dan harga SUSHI kembali normal.

Baca Juga: XRP Ledger dan Credefi Finance Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah DeFi

Protokol Pinjaman dan Jembatan Crypto Jadi Sasaran Utama

penurunan kerugian defi 2023
Sumber: Akun X Into The Block

Protokol pinjaman DeFi dan jembatan crypto menjadi target utama para hacker tahun ini, dengan 34 serangan terhadap lender yang mengakibatkan kerugian sebesar $1,3 miliar.

Sementara itu, eksploitasi pada jembatan crypto mencapai hampir dua kali lipat jumlahnya dalam 10 insiden terpisah. Meskipun terjadi penurunan volume serangan crypto sebesar 50%, para ahli menekankan pentingnya perhatian tambahan terhadap keamanan on-chain.

Sipan Vardanyan, CEO Hexens, menegaskan bahwa keamanan akan menjadi fokus utama di tahun 2024 dan seterusnya, menyoroti pentingnya keamanan teknologi terdesentralisasi untuk mencegah kerugian finansial.

Baca Juga: Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

Harapan Pemulihan DeFi dan Keamanan Masa Depan

Meskipun mengalami fluktuasi, nilai Total Value Locked (TVL) di DeFi menunjukkan tren pemulihan sejak Oktober. Dengan TVL DeFi yang kini berada di angka $51,3 miliar, pasar menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Ke depannya, diharapkan bahwa proyek dan platform DeFi akan terus memperkuat pertahanan mereka terhadap eksploitasi. Dengan audit yang berkelanjutan, peningkatan keamanan, dan kesadaran yang lebih besar, diharapkan akan tercipta lanskap DeFi yang lebih aman bagi investor.

Penurunan kerugian akibat eksploitasi di tahun 2023 merupakan perkembangan positif yang menandakan keseriusan sektor DeFi dalam meningkatkan keamanan. Pelajaran dari insiden masa lalu telah menjadi dasar untuk peningkatan keamanan yang berkelanjutan, membuka jalan bagi masa depan crypto yang lebih cerah dan aman bagi kamu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: