Kerugian BNB Chain Turun 85% Selama Tahun 2023!

author:

Kerugian BNB Chain Turun 85% Selama Tahun 2023!

Kabar mengejutkan datang dari industri crypto, di mana BNB Chain melaporkan penurunan signifikan dalam jumlah kerugian akibat kejahatan siber. Dari angka yang mencengangkan sebesar $1,1 miliar pada tahun 2022, kerugian di tahun 2023 tercatat hanya sekitar $161 juta.

Penurunan drastis ini menjadi sorotan utama dalam laporan terbaru AvengerDAO yang disusun oleh konsorsium perusahaan keamanan crypto.

Penurunan Kerugian: Sebuah Analisis

Laporan yang dirilis oleh AvengerDAO, yang melibatkan CertiK, Hashdit, Ancilia, dan Salus, menunjukkan bahwa tren peningkatan kerugian di BNB Chain sejak tahun 2020 akhirnya terhenti.

Baca juga: Terobosan Baru BNB Chain: Integrasi AI dan Web2 yang Mengubah Dunia Crypto!

Total dana yang dicuri dalam empat tahun terakhir di BNB Chain – Sumber: AvengerDAO

Pada tahun 2022, kerugian mencapai puncaknya dengan lebih dari $1,1 miliar aset crypto yang dicuri. Namun, tahun 2023 membawa angin segar dengan penurunan kerugian hingga 85%. Dalam laporan tersebut, tercatat bahwa baik jumlah peretasan maupun penipuan di BNB Chain mengalami penurunan dari segi dana yang hilang.

Peretasan turun hingga 91%, sementara penipuan berkurang sebesar 54% di tahun 2023. Meskipun demikian, jumlah upaya peretasan dan penipuan justru meningkat, dengan 210 kasus peretasan dan 2.023 kasus penipuan yang tercatat.

Upaya Pencegahan dan Peringatan Dini

Tim Pengembangan Inti BNB Chain mengaitkan penurunan kerugian ini dengan sistem peringatan dini yang efektif. DAO, yang berfungsi sebagai sistem peringatan, telah berhasil memberikan informasi cepat kepada komunitas tentang adanya aktor jahat.

Baca juga: Serangan DDoS Guncang Manta Network Saat Token Baru Meluncur!

Sistem “Red Alarms” yang dikembangkan oleh Hashdit telah mengirimkan sekitar 3.500 peringatan, dengan 330 di antaranya diposting di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) pada tahun 2023. Selain itu, AvengerDAO, yang bertujuan melindungi komunitas dari eksploitasi, penipuan, dan aktor jahat, berencana untuk memperluas jaringan mitra kerjanya.

Hal ini diharapkan dapat terus meningkatkan keamanan ekosistem BNB Chain. Dengan adanya kerjasama yang lebih luas, diharapkan keamanan jaringan akan semakin terjamin dan kerugian akibat kejahatan siber dapat diminimalisir.

Penurunan kerugian di BNB Chain menjadi bukti bahwa upaya pencegahan dan sistem peringatan dini memiliki peran penting dalam industri crypto. Meskipun tantangan masih ada, langkah-langkah yang diambil oleh BNB Chain dan mitra keamanannya menunjukkan hasil yang positif.

Komunitas crypto diharapkan dapat terus berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi para penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: