Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Peretasan Crypto di Tahun 2023

Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Peretasan Crypto di Tahun 2023

Tahun 2023 menjadi saksi bisu penurunan signifikan kerugian di dunia crypto, dengan angka yang mengejutkan. Laporan terbaru dari firma keamanan blockchain CertiK mengungkapkan bahwa kerugian akibat peretasan dan insiden keamanan lainnya di industri crypto turun hingga 51% dibandingkan tahun sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Kerugian yang Signifikan

penurunan kerugian yang signifikan
Kerugian dan insiden keamanan oleh blockchain. Sumber: CertiK

Menurut laporan tahunan CertiK berjudul “Hack3d: The Web3 Security Report 2023”, industri crypto kehilangan lebih dari $1,8 miliar dari 751 insiden keamanan di tahun 2023. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan kerugian di tahun 2022 yang mencapai $3,7 miliar.

Laporan tersebut menyoroti bahwa kerugian terbesar terjadi pada kuartal ketiga dengan total lebih dari $686 juta. Kerugian terbesar disebabkan oleh kompromi kunci privat, dengan lebih dari $880 juta hilang dalam 47 insiden.

Jaringan Ethereum menjadi blockchain dengan kerugian terbanyak, mencatatkan $686 juta dari 224 insiden. Sementara itu, BNB Chain mengalami 387 insiden, namun kerugian total hanya $134 juta, jauh lebih rendah dari Ethereum.

Baca Juga: Inflow Investasi Crypto Melonjak Hingga $2,25 Miliar, Bitcoin Mendominasi!

Polanya Berubah di Akhir Pekan

modus hacker
The image created by AI

Laporan CertiK juga menemukan fakta menarik bahwa terjadi penurunan insiden peretasan dan penipuan selama akhir pekan di tahun 2023. Ronghui Gu, salah satu pendiri CertiK, mengungkapkan kepada TechCrunch+ bahwa Selasa hingga Jumat memiliki prevalensi insiden yang hampir sama, sementara Senin lebih tenang, Sabtu lebih sepi lagi, dan Minggu menjadi hari paling aman.

Dari semua insiden yang terjadi, 10 di antaranya, termasuk peretasan Mixin dan Euler Finance, bertanggung jawab atas kerugian sebesar $1,11 miliar. Untuk insiden lainnya, kerugian median rata-rata berada di sekitar $101.000, menunjukkan bahwa sebagian besar kerugian berasal dari beberapa insiden besar.

Baca Juga: Bitcoin akan Tembus $80.000 di 2024? Begini Prediksi Bitwise!

Keamanan DeFi Masih Belum Siap

Meskipun terjadi penurunan kerugian, para peneliti mengingatkan bahwa keamanan DeFi mungkin belum siap menghadapi lonjakan pasar crypto. Ronghui Gu menyatakan bahwa penurunan kerugian bisa dikaitkan dengan pasar bear yang menyebabkan penurunan nilai token dan treasury.

Namun, Gu optimis bahwa jika kerugian tetap rendah selama pasar bull, ini akan menandakan bahwa industri Web3 telah “belajar dari pelajaran keamanannya”. Gu menambahkan bahwa peningkatan keamanan adalah perkembangan positif di tahun 2023. Ia berharap tren ini akan terus berlanjut dan menjadi indikator bahwa industri crypto semakin matang dalam mengelola risiko keamanan.

Kesimpulan

Laporan CertiK tahun 2023 memberikan gambaran harapan baru bagi industri crypto yang telah lama diterpa isu keamanan. Penurunan kerugian yang signifikan ini mungkin menjadi titik balik bagi kepercayaan investor dan pengguna dalam teknologi blockchain. Kamu yang terlibat dalam dunia crypto tentunya dapat bernapas lega, namun tetap harus waspada terhadap potensi risiko ke depannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: