Penurunan Kejahatan Crypto Sinyalkan Era Baru Pertumbuhan Pasar!

Penurunan Kejahatan Crypto Sinyalkan Era Baru Pertumbuhan Pasar!

Kabar gembira bagi penggemar crypto, sebuah laporan terbaru dari Chainalysis menunjukkan penurunan tajam dalam kejahatan crypto sepanjang tahun 2023. Dengan hanya 0,34% dari total volume transaksi yang terkait dengan aktivitas ilegal, pasar crypto tampaknya bersiap memasuki fase pertumbuhan baru yang menjanjikan di tahun 2024.

Laporan ini menjadi angin segar yang mengindikasikan kemungkinan berakhirnya masa suram crypto dan memulai babak pertumbuhan yang lebih sehat dan matang.

Penurunan Drastis Kejahatan Crypto

Laporan tahunan Chainalysis mengungkapkan bahwa nilai yang diterima oleh alamat crypto ilegal pada tahun 2023 mencapai $24,2 miliar, menurun drastis dari puncaknya sebesar $39,6 miliar di tahun sebelumnya.

Penurunan ini didorong oleh berkurangnya penipuan crypto dan pencurian dana, dengan penurunan pendapatan ilegal sebesar 29,2% dan 54,3% masing-masing. Khususnya, penurunan dalam pencurian dana terutama disebabkan oleh penurunan serangan pada DeFi (Decentralized Finance).

Baca Juga: Eksodus Developer Crypto, Tanda Krisis atau Peluang Baru?

DeFi, yang merupakan salah satu area pertumbuhan tercepat dalam ekosistem crypto, kini menunjukkan peningkatan keamanan. Hal ini merupakan kabar baik, terutama di Uni Emirat Arab, di mana aktivitas crypto di bursa terdesentralisasi lebih tinggi dibandingkan bursa terpusat.

Perubahan Lanskap Kejahatan Crypto

stablecoin usdv
Sumber: Coingape

Meskipun secara umum terjadi penurunan, ada peningkatan pendapatan dari ransomware dan pasar gelap. Peningkatan pendapatan ransomware menunjukkan bahwa pelaku kejahatan telah menyesuaikan diri dengan peningkatan keamanan siber.

Sementara itu, penutupan pasar gelap Hydra tampaknya tidak banyak mempengaruhi aktivitas pasar gelap lainnya, dengan total pendapatan yang kembali mendekati puncaknya di tahun 2021. Perubahan lain yang signifikan adalah pergeseran dari Bitcoin ke stablecoin sebagai mata uang pilihan para pelaku kejahatan crypto.

Meskipun Bitcoin masih dominan dalam transaksi pasar gelap dan ransomware, kegiatan ilegal lainnya seperti penipuan dan transaksi yang terkait dengan entitas yang dikenai sanksi, kini lebih banyak menggunakan stablecoin. Ini menandakan pertumbuhan dan kedewasaan sektor crypto.

Prediksi Pertumbuhan Pasar Crypto di 2024

Eric Jardine dari Chainalysis menyatakan bahwa dengan Bitcoin yang baru saja menembus harga $46.000 dan persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin, pasar crypto tampaknya akan segera memasuki fase pertumbuhan baru.

Penurunan kejahatan crypto dan peningkatan transparansi blockchain akan membantu mematangkan sektor ini dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dengan adanya perkembangan ini, diharapkan tahun 2024 akan membawa infrastruktur pasar yang lebih matang, yang akan mendukung ekosistem penyimpanan dan pertukaran crypto yang lebih sehat dan kompetitif. Ini akan menjadi langkah maju yang signifikan bagi industri crypto secara keseluruhan.

Paragraf Penutup

Laporan Chainalysis menjadi sinyal positif bagi masa depan crypto, dengan penurunan kejahatan yang signifikan dan indikasi pertumbuhan pasar yang kuat.

Kedewasaan pasar dan peningkatan keamanan menjadi kunci utama yang akan membawa era baru bagi crypto di tahun 2024, membuka peluang bagi investor crypto dan pengguna untuk berpartisipasi dalam ekosistem digital yang lebih aman dan stabil.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Sebenarnya di Balik Penggunaan USDT TRC-20 dalam Keuangan Ilegal

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi