Ini Dia Alasan Dibalik Penurunan Harga Solana dan Penolakan ETF Bitcoin oleh SEC

Ini Dia Alasan Dibalik Penurunan Harga Solana dan Penolakan ETF Bitcoin oleh SEC

Minggu ini, pasar crypto dikejutkan dengan penurunan harga Solana (SOL) sebesar 9% dan kabar penolakan proposal ETF Bitcoin oleh SEC. Apa yang sebenarnya terjadi di balik layar industri crypto yang volatil ini? Simak ulasan mendalam yang akan membuka mata kamu tentang dinamika terkini di dunia mata uang digital.

Penurunan Harga Solana

Penurunan Harga Solana
DefiLlama

Solana, salah satu mata uang digital terkemuka, mengalami penurunan tajam hingga di bawah $100. Penurunan ini dipicu oleh berkurangnya permintaan terhadap DApps Solana dan performa negatif dari token SPL.

Setelah mencapai puncaknya pada $126,30 pada tanggal 25 Desember 2023, SOL kini berada di angka $98,40, yang masih menunjukkan kenaikan 61% dari bulan sebelumnya. Meskipun demikian, kegembiraan pasar terhadap airdrop token JITO dan BONK telah mereda, menyebabkan penurunan nilai token tersebut.

Baca Juga: Gelombang Baru di Pasar Crypto: SEC di Ambang Persetujuan ETF Bitcoin Spot!

Investor crypto kini mempertanyakan apakah ada faktor lain yang dapat mendukung valuasi $42 miliar dari SOL. Total Value Locked (TVL) Solana menunjukkan penurunan permintaan, namun belum sampai pada titik mengkhawatirkan.

Penolakan ETF Bitcoin oleh SEC

Matrixport, penyedia layanan investasi crypto, memprediksi bahwa SEC akan menolak semua aplikasi untuk daftar ETF Bitcoin spot bulan ini. Menurut Matrixport, sikap ketua SEC, Gensler, yang kurang mendukung crypto di AS, menjadi salah satu alasan utama penolakan tersebut. Hal ini diperkuat dengan dominasi komisaris dari partai Demokrat yang cenderung tidak menyetujui ETF Bitcoin spot.

Kabar penolakan ini datang setelah harapan tinggi akan persetujuan ETF Bitcoin spot yang sebelumnya telah mendorong harga Bitcoin naik. Namun, dengan penolakan yang terjadi, harga Bitcoin turun hampir 7% dalam sehari, menjadi $42.445. Kritik pun muncul dari Galaxy Digital, salah satu pemohon ETF Bitcoin spot, yang menyebut laporan Matrixport sebagai “membingungkan” dan “tidak masuk akal”.

Paragraf Penutup

Dengan penurunan harga Solana dan penolakan ETF Bitcoin oleh SEC, pasar crypto menghadapi tantangan baru. Investor dan pengamat pasar harus tetap waspada dan melakukan riset mendalam sebelum mengambil keputusan investasi. Apakah akan ada kejutan lain yang muncul di pasar crypto? Hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: Investasi Alternatif: Peluang Emas $400 Miliar dengan Tokenisasi!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi