Terungkap! Pencurian Crypto Turun hingga 50% di Tahun 2023

author:

Terungkap! Pencurian Crypto Turun hingga 50% di Tahun 2023

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto di tahun 2023. Meskipun serangan siber terhadap aset digital masih terjadi, jumlah pencurian crypto tercatat menurun hingga 50%. Laporan terbaru dari TRM Labs mengungkapkan bahwa hanya $1,7 miliar yang berhasil dicuri oleh peretas hingga November 2023, jauh lebih rendah dibandingkan kerugian hampir $4 miliar pada tahun 2022.

Penyebab Penurunan Pencurian Crypto

hack crypto turun 50%
Sumber: X

Peningkatan keamanan industri crypto menjadi faktor utama penurunan pencurian aset digital. TRM Labs mencatat bahwa langkah-langkah keamanan yang diperketat telah mempersulit aksi para peretas.

Baca juga: Keamanan Ekosistem Crypto Meningkat, Hacken dan Radix Resmi Jalin Kerjasama!

Selain itu, penegakan hukum yang lebih intensif dan koordinasi yang lebih erat antar pelaku industri juga berperan penting dalam mengurangi jumlah pencurian. Serangan infrastruktur masih mendominasi sebagai sumber utama pencurian crypto di tahun 2023. Hampir 60% dari total kerugian crypto berasal dari serangan ini.

Peretas berhasil mengkompromikan kunci privat atau frasa benih sistem crypto, memungkinkan mereka untuk mencuri dana atau memanipulasi transaksi. Meskipun demikian, TRM Labs mengingatkan bahwa lanskap serangan siber terus berkembang dan penuh ketidakpastian.

Insiden Pencurian Crypto Terbesar di 2023

November 2023 menjadi bulan yang kelam bagi beberapa proyek crypto karena serangkaian pencurian. Poloniex, HTX, Heco bridge, KyberSwap, dan Kronos Research menjadi korban dengan kerugian mencapai $290 juta dalam satu bulan.

Baca juga: Justin Sun Tawarkan ‘Airdrop’ Pasca Serangan Hacker, Memicu Kontroversi?

Tiga dari platform yang terkena serangan tersebut terkait dengan Justin Sun, yaitu HTX, Heco Bridge, dan Poloniex. Selain serangan pada platform besar, pencurian crypto juga terjadi melalui kampanye phishing.

Sebuah dompet crypto kehilangan $27 juta dalam satu serangan, dan akun X dari jaringan Ethereum layer-2 Loopring juga disusupi oleh penipu phishing. Insiden ini berlangsung hampir seharian pada 20 November 2023 sebelum tim Loopring berhasil menghentikan link berbahaya yang mempromosikan airdrop token LRC palsu.

Meskipun terjadi penurunan signifikan dalam pencurian crypto, komunitas harus tetap waspada. Keamanan aset digital merupakan tanggung jawab bersama, dan setiap individu harus proaktif dalam melindungi investasi mereka.

Laporan TRM Labs menjadi pengingat bahwa meskipun tren pencurian menurun, ancaman di dunia crypto selalu berkembang dan memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: