Pangsa Pasar Staking Ethereum Lido Tercatat Turun di Bawah 30%

author:

Pangsa Pasar Staking Ethereum Lido Tercatat Turun di Bawah 30%

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, Lido Finance, protokol staking terbesar di Ethereum, mengalami penurunan pangsa pasar di bawah 30%.

Fenomena ini menandai pergeseran signifikan dalam ekosistem staking Ethereum, mengurangi kekhawatiran terkait dominasi Lido yang dapat mengarah pada sentralisasi kekuasaan. Mari kita ulas lebih dalam dampak dan implikasi dari perubahan ini.

Penurunan Pangsa Pasar Lido

Lido Finance, yang sebelumnya mendominasi pasar staking Ethereum dengan deposit hampir 10 juta ETH, telah melihat penurunannya menjadi 29,57% dari 32% pada Desember 2023, berdasarkan data dari Dune Analytics.

Ikhtisar stakers ETH. Sumber: Dune Analytics

Baca juga: Terjebak di Lido: $24 Juta SOL Kandas Karena Bug Smart Contract!

Penurunan ini disambut baik oleh komunitas, mengingat kekhawatiran sebelumnya bahwa dominasi Lido dapat mempengaruhi berbagai aspek blockchain Ethereum.

Menurut data dari Dune, pangsa pasar Lido untuk ETH yang distake telah turun di bawah 30%, memberikan ruang bagi entitas lain seperti Coinbase, Binance, dan Kiln untuk berkontribusi dalam ekosistem staking ETH.

Peningkatan Persaingan dan Desentralisasi

Peningkatan persaingan di antara penyedia layanan staking ETH telah memainkan peran penting dalam mendesentralisasi ekosistem staking.

Dengan munculnya protokol liquid restaking di Ethereum, seperti Puffer yang melakukan serangan vampir signifikan, pangsa pasar Lido mengalami penurunan. Ini menunjukkan bahwa ekosistem staking Ethereum menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dengan harapan akan lebih mendesentralisasi seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Ledakan TVL Platform Liquid Restaking Capai Hampir $8 Miliar, Fenomena Baru di Dunia Crypto!

Implikasi bagi Ekosistem Ethereum

Penurunan dominasi Lido di pasar staking Ethereum memiliki implikasi yang luas bagi ekosistem. Ini menandakan transisi menuju ekosistem yang lebih sehat dengan distribusi kekuatan yang lebih merata.

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah menyarankan agar kolam staking tidak memiliki kontrol lebih dari 15% dan menyesuaikan tarif biaya mereka sesuai untuk mempertahankan ambang batas ini.

Sumber: X

Dengan penurunan pangsa pasar Lido, ekosistem staking Ethereum bergerak menuju visi ini, menjanjikan masa depan yang lebih desentralisasi dan aman bagi para staker.

Penurunan dominasi Lido dalam staking Ethereum menandai babak baru dalam ekosistem crypto, dengan peningkatan persaingan dan desentralisasi yang lebih besar.

Perubahan ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi keamanan dan keberlanjutan jangka panjang ekosistem Ethereum, memastikan bahwa tidak ada entitas tunggal yang memiliki pengaruh yang terlalu besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: U Today