Penurunan Dominasi Geth di Jaringan Ethereum Memicu Kekhawatiran, Ini yang Terjadi!

Penurunan Dominasi Geth di Jaringan Ethereum Memicu Kekhawatiran, Ini yang Terjadi!

Kekhawatiran akan terjadinya ‘black swan event’ di jaringan Ethereum telah memicu penurunan signifikan pada pangsa pasar klien eksekusi Geth. Penurunan ini menjadi sorotan utama di kalangan pengguna dan validator jaringan Ethereum, yang menyoroti pentingnya diversifikasi dan risiko yang mungkin timbul dari konsentrasi tinggi pada satu klien eksekusi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keragaman Jaringan Terancam

keragaman jaringan geth
Persentase pembagian klien eksekusi jaringan Ethereum. Sumber: Clientdiversity.org

Pangsa pasar Geth di jaringan Ethereum mengalami penurunan sebesar 5,2% menjadi 78,8% pada tanggal 23 Januari, setelah sebelumnya mencapai 84%. Geth, yang memainkan peran penting dalam mengelola transaksi dan eksekusi kontrak pintar, kini menghadapi tantangan atas preferensinya yang tinggi di kalangan validator Ethereum.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran terkait sentralisasi dan potensi kerentanan jaringan. Advokat desentralisasi Ethereum, termasuk anggota pendiri komunitas ETHStaker yang dikenal sebagai “Superphiz”, telah menekankan dalam sebuah postingan pada tanggal 24 Januari di X (sebelumnya Twitter) bahwa bug pada Geth dapat menyebabkan hilangnya lebih dari 80% Ether (ETH) yang di-stake di jaringan.

“Saya tidak mencoba meyakinkan kamu bahwa setiap klien eksekusi sekuat atau sematang Geth. Saya hanya mengatakan bahwa menggunakan klien yang kurang kuat adalah ide yang baik untuk mencegah black swan event,” jelasnya dalam postingan lain.

Baca Juga: Token MANTA Melonjak 31,29%, Ini Faktor Utama Kenaikannya!

Risiko Kehilangan Besar bagi Validator

Lachlan Feeney, pendiri dan CEO dari perusahaan infrastruktur Ethereum Labrys, menyarankan dalam sebuah postingan blog tanggal 23 Januari bahwa validator Ethereum bisa berisiko kehilangan segalanya.

“Mungkin tidak, tapi inilah yang dilakukan oleh 84% staker Ethereum saat ini,” tambah Feeney. Jika terjadi bug kritis, menurut Feeney, hal tersebut akan “secara instan menghentikan finalisasi rantai.”

Dalam skenario tersebut, validator Geth yang offline akan menghadapi “inactivity leak,” yang mengakibatkan pembakaran Ether yang mereka stake hingga eksekusi jaringan kembali seimbang ke pangsa 1/3 (atau 33,3%). Feeney menyatakan bahwa 90% Ether yang di-stake oleh validator bisa hilang dalam waktu sekitar 40 hari.

Namun, Feeney mengatakan kepada Cointelegraph bahwa akan ada “jendela waktu yang sangat kecil” bagi validator untuk keluar dan membatasi kerugian mereka, karena ada antrian yang dibatasi laju untuk berapa banyak validator yang bisa keluar per epoch.

Baca Juga: Top 5 Token Crypto Liquid Staking di 2024!

Coinbase dan Diversifikasi Klien Eksekusi

coinbase custody etf bitcoin
Sumber: Blockchain News

Coinbase, salah satu validator Ethereum terbesar yang menjalankan Geth, telah mengumumkan rencananya untuk beralih ke infrastruktur multi-klien dalam beberapa bulan mendatang.

Pertukaran ini menjelaskan bahwa Geth adalah satu-satunya klien eksekusi Ethereum yang memenuhi persyaratan teknis mereka sejak mereka memulai staking Ethereum pada tahun 2020. “Namun, arusnya sedang berubah,” kata Coinbase.

Nethermind, klien eksekusi terbesar kedua, meningkatkan pangsa pasarnya dari sekitar 8% menjadi 14% pada tanggal 23 Januari. Peningkatan penggunaan Nethermind terjadi meskipun mereka mengidentifikasi dan memperbaiki bug kritis dalam beberapa versi klien eksekusi mereka yang menyebabkan pengguna gagal memproses blok di Ethereum dua hari sebelumnya.

Kesimpulan

Penurunan pangsa pasar Geth dan langkah Coinbase menuju diversifikasi klien eksekusi menandakan perubahan penting dalam ekosistem Ethereum. Ini menunjukkan kesadaran yang meningkat di antara para stakeholder tentang pentingnya diversifikasi untuk menjaga keamanan dan stabilitas jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi