Penurunan Biaya Transaksi Bitcoin: Sinyal Positif bagi Para Penambang!

Penurunan Biaya Transaksi Bitcoin: Sinyal Positif bagi Para Penambang!

Dalam perkembangan terbaru di dunia crypto, biaya transaksi Bitcoin mengalami penurunan signifikan, sementara pendapatan penambang terus meningkat. Fenomena ini menarik perhatian banyak pelaku pasar dan analis crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Biaya Transaksi: Sebuah Kelegaan bagi Pengguna

biaya transaksi btc
Sumber: Bitcoin News

Biaya transaksi Bitcoin, yang sempat mencapai lebih dari $18 per transaksi pada pertengahan November, kini menunjukkan penurunan yang mencolok. Pada 24 November 2023, biaya rata-rata per transaksi turun menjadi sekitar $5,89, dengan biaya median per transfer sebesar $2,86. Penurunan ini memberikan kelegaan bagi pengguna Bitcoin, yang sebelumnya menghadapi biaya yang tinggi.

Penurunan biaya ini mencerminkan sifat fluktuatif dari biaya ruang blok Bitcoin. Sehari sebelumnya, biaya rata-rata per transaksi mencapai $14,06, menunjukkan betapa cepatnya perubahan yang terjadi dalam ekosistem Bitcoin. Penurunan ini juga menandakan efisiensi yang meningkat dalam proses verifikasi transaksi di jaringan Bitcoin.

Baca Juga: CleanSpark Akuisisi Mesin Mining Bitcoin Antminer S21, Siap Mengambil Alih Pasar Crypto!

Pendapatan Penambang Meningkat: Bulan Emas bagi Industri Penambangan

Meskipun biaya transaksi menurun, pendapatan penambang Bitcoin justru mengalami peningkatan. Pendapatan penambangan pada November telah melampaui total pendapatan Oktober, menandakan bulan yang menguntungkan bagi para penambang. Kenaikan ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan aktivitas di jaringan Bitcoin.

Data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa inskripsi Ordinal terus berkembang, dengan lebih dari 300.000 ciptaan harian setelah mencapai puncak lebih dari 475.000 inskripsi pada 19 November. Pada 24 November, tercatat 347.791 inskripsi, menunjukkan aktivitas yang tinggi dalam jaringan Bitcoin.

Baca Juga: Marathon Digital Siapkan $750 Juta untuk Ekspansi Mining Bitcoin, Saham Melonjak 23%!

Implikasi bagi Pasar Crypto: Apa Artinya bagi Investor?

biaya transaksi bitcoin menurun
Sumber: Coinpedia

Penurunan biaya transaksi Bitcoin dan peningkatan pendapatan penambang memiliki implikasi penting bagi pasar crypto. Ini menunjukkan bahwa jaringan Bitcoin menjadi lebih efisien, yang bisa menarik lebih banyak pengguna dan investor. Efisiensi ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pada Bitcoin sebagai aset digital yang stabil dan dapat diandalkan.

Selain itu, peningkatan pendapatan penambang menunjukkan bahwa industri penambangan Bitcoin masih sangat menguntungkan. Ini bisa mendorong lebih banyak investasi ke dalam infrastruktur penambangan, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan jaringan Bitcoin lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: